Sukses

Susul Indonesia, Layanan Komersil 4G Digelar di India Akhir Tahun

Operator asal Inggris, Vodafone, resmi mengumumkan kehadiran layanan 4G di India pada akhir tahun ini

Liputan6.com, Jakarta - Vodafone, salah satu operator terbesar di dunia, akan segera menghadirkan layanan 4G miliknya di India. Layanan 4G Vodafone diperkirakan akan menyambangi India pada akhir tahun 2015 ini.

Seperti dilansir Telecom Asia, Senin (31/8/2015), meski meluncurkan layanan 4G, Vodafone India akan terus mengekspansi jaringan 3G di negara berpopulasi 1,2 miliar tersebut. Tak disebutkan secara rinci frekuensi apa yang akan digunakan.

Vodafone India memang telah mengumumkan rencana tahap awal untuk menggelar jaringan 4G di kota-kota dengan pangsa pasar data terbesar di India, seperti Mumbai, Delhi, Kolkata, Bengaluru, dan Kochi. 

Operator telekomunikasi asal Inggris ini juga akan memperluas cakupan jaringan 3G mereka di tujuh wilayah tambahan, di antaranya Assam, North East, Rajasthan, Kerala dan Odisha, dari total seluruhnya sebanyak 22 area. Adapun, total penggelaran jaringan ini akan mencakup lebih dari 23.000 sites baru.

Menurutnya, Mumbai, Delhi, Kolkata, Kerala dan Karnataka menjadi area yang menyumbang setengah dari total pendapatan data di India.

Di Indonesia, ekspansi 4G mulai gencar dilakukan para operator sejak Desember 2014 di frekuensi 900 Mega Hertz (MHz), yang dinilai sebagian pihak kurang optimal. Beberapa operator itu antara lain Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata.

Juli lalu, ketiga operator itu serentak mengomersialkan layanan 4G di beberapa kota di Indonesia Timur. Frekuensi yang digunakan berbeda, yakni 1.800 MHz. Frekuensi ini dinilai optimal karena merupakan ekosistem perangkat jaringan dan handset paling matang di dunia untuk saat ini.

Tak hanya operator GSM, operator CDMA, Smartfren, juga sudah mengomersialisasikan layanan 4G mereka sejak beberapa waktu lalu dengan penerapan agregasi frekuensi di 2.300 MHz dan 850 MHz.

(cas/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini