Sukses

Permen Karet Buatan Printer 3D Ini Bisa Dimakan

Perusahaan permen asal Jerman, meluncurkan printer 3D pertama untuk permen karet yang bisa dimakan

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda pernah meragukan pentingnya teknologi 3D printing, sebaiknya Anda tepis keraguan Anda. Sebab teknologi tersebut bahkan bisa membuat sesuatu yang disukai banyak orang: permen karet.

Perusahaan permen yang berbasis di Jerman, Katjes, meluncurkan 3D printer pertama untuk permen karet di Café Grün-Ohr di Berlin Jumat lalu. Demikian seperti yang dikutip dari laman Mashable, Senin (7/9/2015).

Katjes mengklaim bahwa 3D printer itu adalah 3D printer pertama untuk makanan yang tersedia bagi publik. Tepatnya, 3D printer ini disebut Magic Candy Factory.

3Dprint.com melaporkan bahwa proses membuat permen ini memakan waktu sekitar lima menit saja. Pelanggan mendapat sepuluh pilihan rasa buah dan warna, dengan beberapa pilihan "pelangi" yang memungkinkan Anda menggabungkan beberapa warna.

Satu buah permen karet ini dihargai 5 Euro (US$ 5,6), tampak mahal memang untuk ukuran satu buah permen karet. Namun, harga ini juga terbilang sepadan karena Anda bisa membeli permen secara "custom" sesuai keinginan Anda.

Di samping itu, berbagai bentuk hewan juga tersedia dan pelanggan dapat menciptakan permennya dalam berbagai bentuk huruf yang berbeda. Meskipun 3D printer ini bukan yang pertama untuk makanan, tampaknya 3D printer ini menjadi yang pertama, yang menciptakan makanan, yang bisa segera dimakan.

(why/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini