Sukses

Inilah Daftar 20 Finalis Aplikasi Telkomsel `The NextDev`

Berikut daftar 20 besar solusi aplikasi Telkomsel The NextDev yang dibagi menjadi enam sub tema.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring meningkatnya pertumbuhan ponsel pintar (smartphone), kebutuhan akan aplikasi mobile pun kian meningkat. Untuk menggenjot ekosistem digital, Telkomsel kembali menggelar kompetisi Digital Creative Indonesia yang tahun ini mengangkat tema The #Next Dev.

Kompetisi ini kini sudah memasuki tahap final. Dari lebih dari 400 aplikasi solusi perkotaan yang terjaring di tahap awal, sudah didapat 20 finalis yang akan bersaing di putaran final. Para finalis ini merupakan individu/kelompok developer muda dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka akan mengikuti penjurian berikutnya yang terdiri dari bootcamp (design, development, distribute), pitching, dan investor meet up.

"Saat ini kami telah mendapatkan 20 besar finalis The NextDev yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dimana hal ini menunjukkan bahwa potensi kreativitas dari developer muda tersebar di berbagai wilayah Indonesia," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati.

Pada proses penjurian selanjutnya, para developer akan dinilai berdasarkan tiga hal, yaitu Usability (UX), Kesesuaian Tema dan Impact Level, dan Kesiapan Produk. Di akhir program, tiga tim terbaik akan mendapatkan hadiah 5M, yakni Market Access, Marketing Publicity, Mentoring, Management Trip dan Money.

Berikut daftar 20 besar solusi aplikasi The NextDev yang dibagi menjadi enam sub tema, menurut keterangan tertulis yang kami terima, Selasa (1/9/2015). 

e-Education
Sekolah Koding (Hilman Ramadhan – Makassar)
Rumah Sinau (Abdul Basir – Jakarta)
Sarjana.co.id (Setra Yappi – Surabaya)

e-Government
iWatchYou (Arrival D. Sentosa – Bandung)
GandengTangan (Nur Roni D. – Jakarta)
kolek.in (Danu Pujiachiri)
HICO (Doni Prabowo – Yogyakarta)
Tilang.in (Laurensius Faleddo – Semarang)
SmartGorontalo (Dea Venditama – Gorontalo)

e-Transportation
Nebengers (Andreas Aditya S. – Jakarta)

e-Tourism
BATAMciti (Yolanda Agustina – Batam)
Lenscoop (M. Badrullami – Surabaya)
Pontinesia (Adhitya T. Nugraha – Pontianak)
Jejakku (Ahimsa D. Afrizal – Surabaya)
Travis (Diagnosa Fenomena – Surabaya)

e-Health
Healink (Fikri W. – Yogyakarta)
Bloodjob (Martin Luter – Jakarta)
QCare (Satria D. Raharjo)

e-UKM
ERZ4P (Risa Hisamuddin – Denpasar)
Appsterize (Faizal Hitobeli – Jakarta)

The NextDev merupakan sebuah kompetisi yang bertujuan untuk menggali potensi anak muda Indonesia di dalam membuat mobile apps yang mampu memberikan dampak sosial yang positif, terutama dalam hal pengembangan Smart City (Kota Pintar), dengan enam sub tema aplikasi yaitu pemerintahan, kesehatan, pendidikan, UKM, pariwisata, dan transportasi publik. Kompetisi ini bisa diikuti oleh mereka yang berusia 18 hingga 30 tahun.

Roadshow The NextDev telah dilakukan sejak bulan Mei sampai dengan Juni 2015 di 10 kota di Indonesia, yaitu Medan, Malang, Surabaya, Denpasar, Makassar, Yogyakarta, Semarang, Balikpapan, Bandung, dan Jakarta. The NextDev mengajak anak muda untuk mewujudkan imajinasi dan ide mereka tentang Smart City dan merupakan program untuk membentuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.