Sukses

Twitter Berkomitmen Untuk Halau Konten 'Nakal'

Kadangkala ditemukan beberapa konten menggangu di Twitter, yang seharusnya tidak menjadi konsumsi publik.

Liputan6.com, Jakarta - Twitter adalah salah satu media sosial populer di Indonesia. Tapi sayangnya, kadangkala ditemukan beberapa konten menggangu, yang seharusnya tidak menjadi konsumsi publik.

Sudah menjadi rahasia umum, para pengguna Twitter bisa menemukan berbagai konten yang mengganggu, salah satunya konten dewasa atau 'mesum'. Menyadari hal tersebut, Twitter menegaskan bahwa membersihkan layanannya dari konten-konten seperti itu sudah menjadi salah satu fokus perusahaan.

Country Business Head Twitter Indonesia, Roy Simangunsong, menegaskan bahwa Twitter selalu mengawasi dan berusaha membersihkan konten mengganggu tersebut.

Diungkapkannya, Twitter memiliki panduan konten dan iklan, yang menjadi acuan layanan tersebut mengenai konten-konten yang dinilai layak atau tidak.

"Kita terus senantiasa mengulas kalau ada perhatian dari orang-orang. Kadang juga kita terlebih dahulu memperbaiki, sebelum ada laporan dari pengguna," tutur Roy di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Sikap tegas Twitter itu, katanya, juga berlaku untuk konten atau akun Twitter "misterius" yaitu akun yang tiba-tiba me-retweet dan men-tweet secara tiba-tiba tanpa kendali sang pemilik akun.

"Kita selalu dapatkan masukan, baik dari pengguna atau pemerintah untuk memperbaiki layanan kami," tambahnya.

Upaya Twitter membersihkan layanannya dari konten-konten "nakal" tersebut, sambung Roy, juga membutuhkan kerjasama semua pihak, termasuk media.

"Twitter itu sifatnya publik, jadi juga diperlukan kerjasama untuk memberikan masukan," tutup Roy.

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini