Sukses

Teknologi Anyar Apple Sulap iPhone jadi Alarm Kebakaran

Dari informasi yang diketahui Apple Insider, Apple telah mengajukan paten teknologi untuk ponsel yang mampu mendeteksi asap.

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru-baru ini dikabarkan sedang mengajukan paten untuk teknologi yang dapat membuat iPhone berfungsi sebagai alarm indikasi terjadinya kebakaran.

Dikutip dari laman Ubergzimo, Jumat (4/9/2015), informasi yang dipublikasikan Apple Insider menyebutkan bahwa Apple telah mematenkan teknologi pendeteksi asap yang dapat disematkan pada jajaran perangkat Apple.

Teknologi ini memiliki sensor yang mirip dengan detektor asap biasa. Namun, ukurannya telah disesuaikan agar cukup dengan ukuran ponsel. Selain itu, agar asap dapat masuk ke dalam perangkat, maka kabarnya sensor tersebut akan diletakkan dekat dengan lubang speaker.

Diperkirakan nantinya teknologi ini akan dihubungkan dengan Apple HomeKit, sehingga ketika ada asap berbahaya yang terdeteksi, maka pengguna akan langsung mendapatkan peringatan. 

Pun demikian, teknologi sensor pendeteksi asap ini tampaknya tidak akan langsung hadir untuk seri iPhone terbaru.  Apple sendiri kabarnya akan merilis seri iPhone 6S dan 6S Plus pada 9 September mendatang.

(dam/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.