Sukses

Pelanggan Smartfren Bisa Nikmati VoLTE Akhir Tahun

Smartfren berharap layanan voice over LTE atau VoLTE, sudah dapat dinikmati 12 juta pelanggannya pada akhir tahun ini

Liputan6.com, Jakarta - Smartfren tengah giat menggeber layanan 4G-LTE Advanced besutannya.  Smartfren bahkan menjanjikan layanan panggilan suara berbasis 4G, yakni (voice over LTE/VoLTE) dapat dinikmati pelanggan pada akhir tahun ini.

Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys, menilai pihaknya sudah tidak perlu melakukan uji coba (trial) lagi untuk layanan VoLTE karena teknologi yang diadopsinya sudah mumpuni.

"Mau kami, pada akhir tahun ini pelanggan sudah dapat menikmati layanan VoLTE Smartfren," katanya, ditemui usai peluncuran Galeri Smartfren dengan 4G-LTE Experience Zone, Selasa (1/9/2015).

Hanya saja, ia masih mengkhawatirkan masalah ekosistem ponsel pendukung layanan VoLTE yang hingga kini masih belum banyak beredar di pasaran. 

Merza menjelaskan, untuk bisa menikmati layanan VoLTE, ponsel yang digunakan harus memiliki spesifikasi agregasi kanal sesuai frekuensi yang dipakai Smartfren. Sementara untuk urusan tarif, layanan voice biasa dan VoLTE tidak akan berbeda.

"Bisa satu frekuensi saja karena kualitas tetap sama. Toh itu tidak akan bisa dibedakan, pengguna tidak akan tahu. Berbeda dengan layanan data, dimana bisa dirasakan kecepatannya. Kalau voice tidak terlalu sensitif bagi pengguna," ujarnya.

Di beberapa negara, seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan, layanan VoLTE sudah bisa dinikmati secara luas oleh para pelanggan seluler. Sementara di Indonesia, layanan ini baru diuji coba oleh beberapa operator, seperti Telkomsel dan XL Axiata.

Sebagai informasi, Smartfren telah secara resmi mengomersialisasikan layanan 4G-LTE Advanced mereka yang diklaim mampu menembus kecepatan hingga 100 Mbps. Akses internet super cepat yang ditawarkan Smartfren itu dapat diraih berkat penerapan metode carrier agregation (CA) di dua frekuensi, yakni 2.300 MHz dan 850 MHz.

(cas/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.