Sukses

Smartphone Ini Tahu Saat Penggunanya Sedang Bosan

Beberapa peneliti dari Spanyol dikabarkan sedang mengembangkan teknologi untuk mengetahui pengguna smartphone yang sedang bosan.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi yang ditanamkan pada smartphone akan terus berkembang. Banyak pengembang dan perusahaan teknologi terus mengembangkan fitur maupun teknologi yang akan hadir di generasi smartphone berikutnya.

Seperti yang dilakukan oleh beberapa peneliti di Spanyol. Para peneliti ini dikabarkan sedang mengembangkan sebuah software yang dapat mengetahui seseorang yang sedang bosan, kemudian memberikannya hiburan.

Sebuah tim dari Telefonica Research di Barcelona mengklaim bahwa mereka telah merancang sebuah algoritma yang mampu memprediksi kebosanan seseorang dengan tingkat akurasi sampai 83 persen.

Cara kerja software ini adalah dengan menganalisa cara pengguna memakai smartphone mereka berdasarkan prinsip bahwa seseorang yang memiliki waktu senggang biasanya digunakan untuk mengutak-atik smartphone mereka.

Para peserta yang ikut dalam penelitian ini diberi pertanyaan saat mereka merasa sangat tidak terhibur dalam satu hari. Kemudian secara berdampingan digunakan dengan informasi kegiatan yang dilakukan dengan smartphone mereka untuk memprediksi mood mereka dalam waktu tertentu.

Jika pengguna smartphone itu diketahui sedang bosan, mereka akan diarahkan untuk membaca artikel berita. Sebab orang yang sedang bosan cenderung lebih cepat memilih artikel atau sesuatu yang disarankan tanpa berpikir panjang.

Dilansir dari laman Mirror, Minggu (6/9/2015), M Ehsan Hoque, Asisten Profesor Ilmu Komputer di University of Rochester mengatakan bahwa penelitian ini sangat menarik karena secara tidak langsung dapat memanfatkaan penggunaan smartphone untuk mengetahui kondisi mental.

Hoque menambahkan bahwa kebosanan merupakan awal dari depresi. Jadi jika ada teknologi yang dapat mencegah untuk menjadi bosan, kemungkinan itu dapat mengurangi risiko orang yang terkena depresi.

(dam/cas)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.