Sukses

7 Cara Merekam Gameplay di Windows 10

Begini tujuh cara merekam video pada game yang dimainkan di perangkat Windows 10

Liputan6.com, Jakarta - Pernah ingin berbagi video momen menakjubkan di permainan yang Anda mainkan? Misalnya, barangkali ada baku tembak di permainan Call of Duty dengan timing yang sempurna, atau mungkin Anda ingin mengoleksi momen ketika gol-gol brilian Anda melesat di permainan FIFA.

Bagi Anda pengguna PS4 dan Xbox One, Anda dapat merekam cuplikan gameplay dengan menekan sebuah tombol. Tapi sampai sekarang, seorang PC gamer harus menggunakan alat pihak ketiga untuk melakukannya, antara lain dengan layanan seperti Steam, Fraps, atau GeForce Experience.

Menjawab hal ini, kini di Windows 10 Anda dapat merekam permainan Anda dengan mudah dan sederhana, melalui aplikasi Xbox yang dibundel dengan sistem operasi terbaru Microsoft ini.  

Menggunakan fitur Game DVR built-in pada Windows 10 sangatlah mudah, dan juga kompatibel dengan Xbox One Controller. Ini menjadi salah satu pilihan lebih baik, jika Anda ingin berbagi rekaman video permainan Anda.

Tanpa basa-basi lagi, berikut ini 7 cara merekam video di game yang dimainkan di Windows 10, seperti dikutip dari NDTV, Kamis (10/9/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merekam Gameplay di Windows 10

1. Pertama, Anda harus memeriksa apakah permainan DVR telah diaktifkan. Lalu, pergi ke aplikasi Xbox One pada Windows 10 Anda, pilih Settings dan kemudian pilih tab Game DVR.

2. Di sini, opsi pertama adalah mengubah fungsi Game DVR menjadi menyala (on) atau mati (off). Jika mati, maka ubah menjadi menyala.

3. Selanjutnya, Anda juga dapat mengubah apa yang akan direkam. Secara default, menekan tombol Record akan menyimpan 30 detik terakhir dari gameplay menjadi sebuah klip permainan. Anda dapat mengubah ini dalam pengaturan.

4. Saat Anda sedang bermain game, tekan tombol Windows + G (atau tombol Xbox, jika Anda menggunakan controller) untuk membuka bar permainan.

5. Klik tombol Record that.

6. Jika Anda ingin mengambil video yang lebih lama, klik tombol Record. Video-video yang direkam disimpan di folder 'File Explorer \ Videos \ Captures' secara default. Setiap video diidentifikasi dengan judul game. Saat proses merekam dimulai, timer menunjukkan berapa lama Anda telah merekam. Secara default waktu perekaman maksimal satu jam, namun hal ini dapat diubah dalam pengaturan.

7. Untuk berhenti merekam, munculkan kembali bar permainan dan tekan tombol stop berwarna merah.

Jika ini adalah pertama kali bagi Anda menggunakan bar permainan dengan sebuah permainan, Anda akan diminta untuk mengidentifikasi program sebagai permainan, sebelum bar Permainan muncul. Klik kotak centang (checkbox) yang muncul untuk mengonfirmasi bahwa program ini adalah permainan.

(why/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.