Sukses

Lenovo Phab, Phablet Ahlinya Chatting dan Main Game

Tampilan ukuran layar Phab bisa digunakan sesuai keinginan.

Liputan6.com, Berlin - Ternyata hanya 7 persen orang yang menggunakan handphone untuk teleponan dengan menempelkannya ke telinga. Handphone lebih banyak digunakan dengan 2 tangan sejajar dengan dada, alias mengetik pesan dan main game. Hasil survei inilah yang membuat Lenovo meluncurkan phablet berukuran lebih jumbo.

Ponsel berlayar besar ini memiliki layar nyaris 7 inch. Persisnya 6,98 inci dengan resolusi 1.280x720 pixel. Namanya Lenovo Phab. Bodinya bermaterial metal dengan tebal 8,9 mm dan bobot 250 gram. Phab menggunakan prosesor quad core dan RAM 1GB. Ruang penyimpanan berukuran 32 GB, serta dilengkapi pula dengan slot MicroSD.

Untuk memotret, Lenovo Phab bermodal kamera belakang 13 MP dan depan 5 MP. Tersedia slot SIM yang mendukung koneksi 4G LTE. Ada Bluetooth 4.0, Dolby Atmos Sound, dan baterai berkapasitas 4250 mAh.

Dalam perhelatan IFA 2015 yang digelar di Messe Berlin, Jerman, Jumat (4/9/2015) yang diikuti Liputan6.com, Phab memiliki tampilan ukuran layar yang bisa digunakan sesuai keinginan. Apakah jumbo atau normal. Baik untuk mengetik pesan maupun selfie. Cukup dengan sentuhan sedikit memutar, layar akan berubah dari jumbo menjadi normal. Begitu pun sebaliknya.

Untuk mengetik pesan maupun main game, tentu puas dengan ukuran jumbo Phab. Sedangkan untuk selfie, sepertinya bakal sulit bagi yang memiliki tangan mungil untuk menggenggam Phab dengan sebelah tangan, harus dengan kedua tangan.

Selain Phab, Lenovo juga menyuguhkan Phab Plus. Meski ada kata 'plus', bukan berarti ukurannya lebih jumbo lagi. Phab Plus justru memiliki layar lebih kecil yakni 6,8 inch. Namun resolusi phablet ini dibuat lebih tinggi yaitu 1920x1080 pixel. Lenovo menyematkan prosesor octa core Snapdragon 615 dengan RAM 2 GB.

Ruang penyimpanan internalnya 32 GB dan tersedia slot MicroSD yang mendukung hingga 64 GB. Phablet dengan tebal 7,6 mm ini memiliki kamera yang sama dengan Lenovo Phab. Di bagian depan 5 MP, di belakang 13 MP.

Phab Plus punya baterai berkapasitas 3.500 mAh. Untuk koneksi, terdapat slot SIM Card 4G LTE dan Bluetooth 4. Phablet berbobot 222 gram ini juga dilengkapi Dobly Atmos Sound.

Kedua phablet ini bakal menjalankan Android Lollipop. Rencananya Lenovo memasarkan kedua phablet tersebut di Indonesia September ini. Phab Plus bakal dibanderol US$ 299 atau sekitar Rp 4,2 juta dengan pilihan warna Gunmetal dan Platinum. Sementara Phab seharga US$ 179 atau sekitar Rp 2,5 juta dengan varian warna hitam, merah, putih, dan biru.

(sss/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.