Sukses

Canon Ciptakan Sensor Kamera Terbesar di Dunia, 250 Megapixel!

Hadir dengan ukuran 250 megapixel, Canon klaim bahwa sensor ini adalah sensor terbaik di dunia untuk saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan teknologi fotografi kenamaan asal Jepang, Canon, baru saja mengumumkan teknologi sensor kamera terbaru besutan mereka.

Sensor yang diberi kode APS-H CMOS ini hadir dengan besaran resolusi mencapai 250 megapixel (19.580 x 12.600), dan diklaim sebagai sensor kamera dengan resolusi terbersar di dunia. 

Sensor kamera Canon APS-H berukuran lebih besar dibandingkan dengan APS-C, namun memiliki full-frame yang lebih kecil. Sensor ini memiliki kemampuan membaca detail cahaya sangat cepat sampai 1.25 miliar pixel per detik.

Kemampuan sensor ini tidak hanya baik untuk keperluan mengambil gambar statis (foto), namun juga bagia video dengan resolusi tinggi. Kemampuan untuk mengambil video sensor ini sampai dengan 5 fps dan hasil gambar 30 kali lebih cerah dibandingkan resolusi 4K.

Dikutip dari laman The Verge, Senin (7/9/2015), Canon menyatakan bahwa teknologi ini juga dapat digunakan untuk alat pengawasan dan pencegahan tindak kriminal, instrumen pengukuran yang membutuhkan ultra-high-resolution, serta untuk kebutuhan industrial dan berbagai bentuk ekspresi visual.

Sayangnya, sensor ini dikabarkan tidak akan hadir di kamera DSLR Canon dalam waktu dekat. Sebab, disebutkan bahwa teknologi ini masih dalam tahap pengembangan.

(dam/dhi)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini