Sukses

5 Kode Unik Ini Hanya Dimengerti Karyawan Facebook

Facebook memiliki sejumlah kode unik di lingkungan kantornya, salah satunya 'tradisi' wajib bagi para karyawan baru. Apa itu?

Liputan6.com, Jakarta - Setiap perusahaan pasti memiliki tradisi dan kultur tersendiri sebagai identitas, termasuk bahasa yang menjadi bagian dari lingkungan perusahaan. Facebook misalnya yang memiliki sejumlah kode unik. 

Jika suatu hari Anda berkunjung ke kampus Facebook di Menloi Park, Anda akan mendengar kata-kata seperti 'purple tie' dan 'epic'. Kata-kata itu tidak memiliki arti sebenarnya yaitu 'dasi ungu' atau 'keren'. Itu merupakan kode yang hanya dimengerti oleh karyawan Facebook. 

Seperti dirangkum Business Insider, Rabu (9/9/2015), berikut lima kode unik tersebut:

1. Bootcamp

Bagi karyawan baru, mereka diwajibkan mengikuti tradisi pengenalan karyawan baru selama enam minggu. Tradisi ini disebut Bootcamp. Setelah 'lulus' dari Bootcamp, karyawan baru bisa memilih tim kerjanya. 

2. Faceversary

Mendengar potongan kata 'versary'', pasti yang muncul di benak Anda adalah sesuatu yang berkaitan dengan perayaan tahunan.

Ada benarnya juga karena Faceversary adalah perayaan tahunan bagi karyawan yang sudah lama bekerja. Di mana letak uniknya? Kampus Facebook menjual balon spesial bertuliskan Faceversary untuk merayakan hal tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Game Day

3. Game Day
 
Ini yang seru dan menarik. Untuk melepas lelah dari pekerjaan, seluruh karyawan Facebook bermain game di setiap musim semi.

Mereka akan membentuk tim dan berpakaian kostum terang, dan menuju taman setempat untuk berkompetisi. Permainannya bervariasi, mulai dari Dodgeball, Kickball hingga Steal the Bacon.

Game Day menjadi waktunya bermain versi orang dewasa.

4. Epic

Kata ini  tak merujuk arti 'keren' atau 'hebat', karena Epic merupakan nama kafetaria utama milik Facebook di kampusnya.

Lucu ya kafetaria ini memiliki tulisan 'Epic' dalam ukuran besar di dindingnya

5. The Aquarium

Atau biasa disebut Fish Bowl, merupakan ruang konferensi di mana Mark Zuckerberg dan para eksekutif biasa bertemu. Zuckerberg bahkan disebut gemar melontarkan banyak lelucon di ruang tersebut.

Ruang itu dinamai Aquarium karena dapat diintip dari luar. Toh, pada akhirnya Zuckerberg memasang tanda bagi pengunjung agar tak mengambil gambar dari dalam ruangan. 

Ini merupakan ruang konferense bernama Aquarium, di mana Mark Zuckerberg biasa bertemu dengan para eksekutif

(cas/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini