Sukses

Microsoft Rilis Skype Messaging untuk Windows 10 Mobile

Microsoft telah menutup aplikasi Skype versi modern di Juli lalu. Sebagai gantinya Skype Messaging dikabarkan hadir untuk Windows 10 Mobile

Liputan6.com, Jakarta - Pekan lalu, Microsoft dikabarkan diam-diam telah meluncurkan aplikasi Skype Messaging versi beta untuk Windows 10 Mobile. Dilansir Venture Beat, Senin (7/9/2015), perlisan itu disebut 'diam-diam' karena Microsoft tidak membuat pengumumannya. Aplikasi tersebut bahkan kini sudah muncul di toko aplikasi Windows Store.

Seperti diketahui, Microsoft memang sudah 'mengistirahatkan' aplikasi Skype Windows pada Juli lalu. Dengan begitu, pengguna Windows dapat beralih ke versi dekstop. Namun, di saat yang sama, pihaknya menyebutkan berulang kali bahwa akan mengintegrasikannya dengan Skype Messaging, fitur panggilan, dan video ke dalam Windows 10 Mobile.

Pernyataan tersebut dapat diartikan, Skype Messaging akan hadir untuk versi mobile. Malah kabarnya aplikasi tersebut akan di-bundle dengan aplikasi populer saat Windows 10 Mobile dirilis. Ini akan menjadikannya sebuah update untuk Windows 10 di vrersi PC juga, meski hal tersebut belum dapat dipastikan.

Meski sebagian menyebutkan aplikasi itu belum terdaftar di Windows Store, namun menurut sejumlah kabar di Windows Store telah tersedia link agar pengguna Windows 10 Mobile dapat mengunduh aplikasi beta tersebut. Bahkan WMPoweruser menjadi portal pertama yang menyediakan akses untuk mengunduh Skype Messaging. Di sana juga ada video hands-on aplikasinya.

Sebagian pihak menyebutkan ada keganjilan saat mencari aplikasi tersebut di daftar Windows Store. Misalnya, screenshot terpotong, dan nama yang tertulis adalah 'Messaging Skype' bukan 'Skype Messaging'. Lalu, terdapat juga deskripsi aplikasi di bawahnya:

"Skype Messaging, Calling and Video *Preview* is a new way to experience Skype features. It integrates individual Skype features where you’d expect them – Skype messaging into Messaging and Skype calling into Phone apps for the fastest way to make calls and send messages. It also adds quick access to Skype video calling. With Skype built in, you’ll be able to reach anyone who uses Skype on iPhones, Androids, even PCs with just a couple of clicks,"

Entah benar atau tidak rencana Microsoft tersebut, sepertinya pengguna Windows 10 Mobile sudah tidak sabar mencoba. Buktinya, aplikasi ini telah meraih 100 ulasan dengan rate 5 bintang.

(cas/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.