Sukses

Microsoft Cegah Pengguna Unduh Chrome dan Firefox?

Microsoft tengah berusaha meyakinkan para pengguna internet untuk menggunakan browser Edge.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft tengah berusaha meyakinkan para pengguna internet untuk menggunakan browser terbaru perusahaan yang menggantikan Internet Explorer, Edge. Bahkan, menurut laporan Microsoft tak segan 'menghalang-halangi' pengguna yang ingin mengunduh browser kompetitor seperti Chrome dan Firefox.

Upaya Microsoft ini dilaporkan oleh situs online VentureBeat. Dalam laporannya disebutkan bahwa para pengguna yang menggunakan Edge di Windows 10, kemudian melakukan pencarian mengenai browser lain, akan langsung mendapatkan sebuah pesan singkat.

Dalam pesan itu tertulis, "Microsoft recommends Microsoft Edge for Windows 10" atau "Microsoft merekomendasikan Microsoft Edge untuk Windows 10." Pesan tersebut dilengkapi sebuah link dengan keterangan 'Learn Why'.

Microsoft merekomendasikan pengguna Windows 10 untuk menggunakan browser Edge (Foto: Venture Beats)

Namun pesan itu hanya muncul ketika pertama kali melakukan pencarian browser pesaing, Chrome dan Firefox, yang diduga sebagai kompetitor utama. Pesan serupa tidak muncul ketika melakukan pencarian untuk browser lain yaitu Opera.

"Microsoft Edge didesain khusus untuk Windows 10 dengan fitur dan fungsi yang menambah pengalaman browsing seperti Cortana, Web Note dan Quick Answers. Pemberitahuan-pemberitahuan yang muncul diciptakan untuk memberikan informasi dengan mudah dan cepat, sehingga bisa membantu pengguna," jelas juru bicara Microsoft, ketika diminati keterangan mengenai kemunculan pesan tersebut. Demikian seperti dilansir Business Insider, Selasa (8/9/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini