Sukses

Lenovo: Vibe S1 Smartphone Perdana Berkamera Selfie Ganda

"Orang selfie di posisi yang berbeda-beda. Selfie kemudian menjadi membosankan. Orang ingin berkreasi lebih asyik."

Liputan6.com, Berlin - Bosan dengan hasil selfie yang begitu-begitu saja, saatnya mencoba Lenovo Vibe S1. Smartphone berkamera selfie ganda perdana ini bisa bikin selfie jadi lebih seru. 

"Berdasarkan studi, orang selfie di posisi yang berbeda-beda. Selfie kemudian menjadi membosankan. Orang ingin berkreasi lebih asyik. Itu sebabnya Lenovo membuat produk perdana kamera ganda untuk selfie," jelas Vice President of Lenovo Phone Product Management & Operations, Lenovo Mobile Business Group, Jerry Hsiao dalam sesi pertemuan khusus dengan para wartawan di Berlin, Jerman yang turut dihadiri tim Liputan6.com.

Lenovo pada ajang Internationale Funkausstellung (IFA) di Berlin meluncurkan smartphone dengan dua kamera depan dan desain punggung berkurva kaca. Ponsel baru di keluarga Vibe ini mengombinasikan kemampuan melakukan selfie yang benar-benar kreatif dengan eksterior yang sangat bergaya.

Peluncuran Lenovo Vibe S1 di ajang IFA 2015 Berlin, Jerman (Shinta NM Sinaga/Liputan6.com)

"Selfie saat ini adalah tipe foto yang amat populer, yang direkam pada sebuah smartphone, dengan lebih dari sejuta selfie direkam per hari dan 48 persen di-share di Facebook saja," ujar Jerry Hsiao.

Orang, lanjut dia, mengharapkan lebih dari ponselnya untuk. Tidak cukup lagi hanya untuk memotret momen-momen berharga, sendirian atau bersama teman dan keluarga.

"Mereka ingin selfie mereka juga menonjol di lingkaran sosial medianya. Kami benar-benar mendengarkan kemauan konsumen dan mendesain Vibe S1 berdasarkan masukan itu," kata Jerry Hsiao.

Unik

Vibe S1 benar-benar unik karena kamera selfie gandanya. Kamera depan utama 8MP untuk memotret foto yang paling tajam, dan kamera depan kedua 2MP untuk menganalisa kedalaman dari area informasi, seperti meniru cara kerja penglihatan binocular manusia.

Kedua kamera ini bekerja secara bersamaan untuk melepaskan segudang kemungkinan baru, yang dapat memberikan puntiran kreatif pada selfie. Setelah melakukan selfie dengan kedua kamera, ada berbagai opsi yang tersedia untuk memodifikasi selfie itu dengan memilih dari sejumlah tool penyuntingan foto yang tersedia.

Peluncuran Lenovo Vibe S1 di ajang IFA 2015 Berlin, Jerman (Shinta NM Sinaga/Liputan6.com)

'Blur' akan memfokuskan ulang di bagian mana saja di foto selfie (sampai 3 bidang fokal) atau tambahkan efek 'bokeh' ke latar belakang untuk menyesuaikan dengan mode selfie, atau sekadar menyingkirkan seseorang yang 'merusak' foto dengan aksinya.

Dengan 'cut out', foto seseorang bisa dipotong dari foto selfie dan dipindahkan ke foto lain. Ada banyak pilihan yang sudah ada sebelumnya di dalam Vibe S1 atau tinggal mengunduh dari internet, bahkan pada foto yang diambil dengan kamera belakang smartphone Vibe S1. Tidak peduli di mana selfie diambil, foto seseorang bisa dipotong dan ditempatkan di depan Menara Eiffel Paris atau Taj Mahal India misalnya.

Peluncuran Lenovo Vibe S1 di ajang IFA 2015 Berlin, Jerman (Shinta NM Sinaga/Liputan6.com)

Selfie pada malam hari atau pada pencahayaan rendah juga sekarang dimungkinkan dengan sensor BSI pada kamera depan VIBE S1. Sensor ini meningkatkan kejernihan dan kualitas selfie di dalam pencahayaan kurang.

Dan bagi pakarnya selfie, pengalamannya tak akan sempurna tanpa plug-in flash Vibe Xtension, yang memungkinkan merekam sampai 100 foto selfie yang sempurna pada sekali charge, sekaligus mencapai tone warna yang lebih alami pada foto selfie yang diambil dalam kondisi cahaya rendah.

Kamera belakang 13MP di Vibe S1 memungkinkan pengguna merekam berbagai momen dalam kehidupan dengan kejernihan bak kristal. Kamera belakang dilengkapi teknologi pendeteksi pada autofocus, yang meningkatkan kecepatan fokus. Plus flash 2 warna untuk mengoptimalkan tone warna pada pencahayaan yang redup.

Peluncuran Lenovo Vibe S1 di ajang IFA 2015 Berlin, Jerman (Shinta NM Sinaga/Liputan6.com)

Inspirasi

Desainer Vibe S1 memberikan perhatian khusus pada tiap detail karyanya. Pengguna akan menikmati tampilan dan rasa pada smartphone ini, dengan panel belakang berkurva kaca, terbuat dari Gorilla Glass terbaru dan bingkai logam yang tipis dan membulat di sisi-sisinya. Dengan profil yang ketipisannya 7,8 mm dan bobot hanya 132 gram, ponsel ini didesain supaya benar-benar pas di tangan pengguna.

Vibe S1 juga tak berkompromi dengan performa. Ditenagai oleh prosesor MediaTek Octa-Core 64-bit dan RAM sebesar 3GB, ponsel ini mampu menangani tugas-tugas apa pun. Dengan penyimpanan berkapasitas 160 GB (dengan tambahan penyimpanan eksternal microSD berkapasitas sampai 128 GB), Vibe S1 bisa menampung sekitar 40.000 foto.

Ia sudah ditanamkan sistem operasi Android 5.0 (Lollipop). Pengguna bisa melihat foto selfie dan foto-foto lain di layar full HD 5 inci yang cemerlang dan secara mudah berbagi foto-foto itu melalui aplikasi terbaik dari Lenovo, SHAREit, yang sudah tersedia dalam ponsel. Pada akhirnya, VIBE S1 juga mendukung konektivitas 4G LTE. Lenovo Vibe S1 akan tersedia dalam 2 pilihan warna yang menarik: Pearl White dan Midnight Blue.

Peluncuran Lenovo Vibe S1 di ajang IFA 2015 Berlin, Jerman (Shinta NM Sinaga/Liputan6.com)

Vibe S1 tersedia mulai November di negara-negara di mana smartphone Lenovo dipasarkan. Harga untuk model-model yang tersedia akan diinformasikan lebih lanjut saat barang sudah tersedia di pasar. Harga mungkin berbeda-beda dari satu negara dengan negara lain.

(sss/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini