Sukses

Apple Pamer iPad Pro Berlayar Jumbo 12,9 Inci

Sebuah versi baru dari iPad yang disebut iPad Pro, diperkenalkan di Apple Event. Bagaimana spesifikasi dan fiturnya?

Liputan6.com, Jakarta - iPad Pro akhirnya resmi diperkenalkan di Apple Event. Generasi terbaru iPad ini mengusung layar 12,9 inci yang dirancang untuk penggunaan dengan dua tangan dan mampu menjalankan dua aplikasi secara berdampingan.

Menurut yang dilansir laman Cnet, Kamis (10/9/2015), iPad Pro dibekali sederet teknologi, fitur, serta tak ketinggalan dua perangkat pendukung baru, yakni Smart Keyboard dan Apple Pencil.

Selain berfungsi sebagai alat bantu ketik, Smart Keyboard juga memiliki fungsi sebagai cover dari iPad Pro. Sementara untuk Apple Pencil, aksesori pendukung iPad Pro ini merupakan sebuah pena stylus yang dirancang untuk memudahkan navigasi.

"Hanya dalam waktu lima tahun, iPad telah mengubah cara kita menciptakan sesuatu, cara kita belajar dan cara kita bekerja," ujar CEO Apple Tim Cook  di atas panggung gelaran Apple Event.

Cook bahkan tak segan mengatakan bahwa iPad Pro adalah seri iPad terbaik yang pernah diciptakan oleh Apple. Inovasi desain dan teknologi yang dsiematkan pada iPad Pro, diungkapkan Cook, sebagai bagian dari upaya Apple untuk mengembalikan pasar tablet yang mulai lesu.

iPad Pro mengusung layar dengan resolusi 2732 x 2048 piksel. Resolusi ini lebih tinggi daripada resolusi layar MacBook Pro berukuran 15 inci dengan teknologi RetinaDisplay. Oleh karena itu, iPad Pro diklaim mampu memberikan tampilan yang sangat baik bagi konten foto maupun video. 

Di sektor dapur pacu, iPad Pro dijejali chip anyar A9X, sebuah chip 64-bit generasi ketiga dari Apple dengan memory bandwith dua kali lebih besar dari versi sebelumnya.

Selain itu, A9X juga 1,8x kali lebih cepat daripada A8X di iPad Air 2. Lalu, iPad Pro pun dibekali baterai yang diklaim mampu bertahan hingga 10 jam. Meski berukuran besar, bobot dari iPad Pro hanya sekitar 1,5 pon, tidak jauh berbeda dengan iPad pertama yang berbobot 1,54 pon.

(why/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.