Sukses

5 Hal Baru dari Apple yang Sebenarnya Sudah `Basi`

Ternyata, ada beberapa hal yang diperkenalkan di Apple Event, namun bukan merupakan hal yang benar-benar baru. Apa sajakah hal tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Di Apple Event yang ditunggu-tunggu, tentu banyak pihak berharap bahwa Apple akan menawarkan inovasi atau hal-hal baru di produk teranyarnya. Namun ternyata, ada beberapa hal yang diperkenalkan tadi malam, yang bukan merupakan hal yang benar-benar baru. Untuk itu, simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari Wired, Jumat (11/09/2015).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apple iPad Pro vs Microsoft Surface Pro

Seperti halnya iPad Pro, tablet besutan Microsoft yang mengusung nama Surface pro juga menawarkan layar yang lebih luas dan keyboard fisik tambahan bulit-in sebagai suatu usaha untuk mengganti notebook konvensional.

Perlu disadari bahwa saat orang-orang berpikir tentang tablet, mereka tidak lebih sering memikirkan iPad. Namun, saat ini banyak para profesional menggunakan iPad untuk keperluan pekerjaannya.

3 dari 6 halaman

Apple TV vs Roku

Produk Televisi yang didukung kontrol dan pencarian berbasis Siri memang tampak sangat futuristik. Namun, sekali lagi, hal ini bukanlah yang pertama dalam perkembangan teknologi.

Awal tahun ini, pionir dalam hal streaming video, Roku, merilis versi baru dari produk andalannya yang meliputi pencarian suara, dan layanan dari Google dan Amazon telah memiliki kontrol suara. Tapi dengan menghadirkan Siri ke Apple TV, Apple telah menjadikan suara sebagai standar antarmuka baru untuk televisi interaktif.

4 dari 6 halaman

3D Touch vs Morph

Yang lebih mengesankan daripada demo Apple TV adalah 3D Touch (kanan), yang menjanjikan tambahan dimensi baru untuk interaktivitas. Tapi sekali lagi, ide semacam ini sudah ada sebelumnya.

Sensel menawarkan aksesori menarik yang disebut Morph, yang agak terlihat seperti tablet kecil atau touchpad besar, dan menyajikan antarmuka multitouch terhadap tekanan sensitif yang sering digembar-gemborkan Apple. Namun perbedaan besarnya adalah, Apple merancangnya secara tepat ke generasi berikutnya dari iPhone, yaitu tidak memerlukan aksesori.

5 dari 6 halaman

Apple Pencil vs Stylus Samsung

Apple Pencil bukanlah satu-satunya "pencil" di pasaran. Sebuah perusahaan bernama 53 membuat stylus mengesankan besutannya sendiri dengan nama yang sama. Faktanya, Apple memiliki sejarah panjang terkait penggunaan merek dagang yang ada untuk produk-produknya.

Dan sementara Apple berusaha melakukan semua hal yang memungkinkan baginya untuk membedakan Pencil besutannya dari stylus lainnya di pasar, faktanya banyak fitur-fitur Apple Pencil yang memang sudah dapat ditemukan di produk Pencil milik 53 atau Wacom. Kita harus menunggu dan melihat apakah produk baru tersebut dapat memenuhi standar Apple.

6 dari 6 halaman

Live Photos vs Zoe

Fitur Live Photos baru di iOS, yang secara otomatis menangkap "video" selama tiga detik lengkap dengan suaranya saat Anda mengambil sebuah foto, bukanlah keajaiban teknologi tingkat tinggi. Sebuah fitur di HTC One yang disebut Zoe (kiri), pada dasarnya, dapat melakukan hal yang sama seperti Live Photos.

(why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.