Sukses

Alasan Apple Tak Hadirkan iPhone 6s 32 GB

Tampaknya ada beberapa alasan Apple masih enggan menghadirkan kembali iPhone dengan kapasitas memori 32GB.

Liputan6.com, Jakarta - Pada peluncuran iPhone 6s dan 6s Plus dini hari tadi, diketahui bahwa smartphone besutan Apple tersebut kembali hadir tanpa perangkat yang memiliki kapasitas memori 32 GB.

Langkah ini diambil Apple sejak tahun lalu ketika meluncurkan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Apple memperkenalkan perangkat dengan kapasitas memori 16/64/128 GB menggantikan kapasitas memori sebelumnya dari iPhone 5s yaitu 16/32/64 GB.

Padahal sebelumnya, Apple sempat dikabarkan akan menghadirkan kembali perangkat dengan kapasitas memori 32 GB, namun nyatanya hal tersebut tidak terjadi. iPhone 6s dan iPhone 6s Plus hadir dengan kapasitas memori terkecil 16 GB.

Ada beberapa alasan yang mungkin melandasi Apple tidak menghadirkan perangkat yang memiliki kapasitas 32 GB dan tetap memilih menghadirkan iPhone dengan memori 16 GB.

Pertama, iPhone 6s dan 6s Plus akan hadir dengan sistem operasi terbaru yaitu iOS 9. iOS 9 dikabarkan hanya membutuhkan kapasitas memori sebesar 1,3 GB saja, dibandingkan dengan iOS 8 yang memerlukan 4,58 GB.

Selain itu, pada iOS 9 Apple juga menyematkan fitur terbaru 'app thinning' yang memungkinkan pengguna hanya mengunduh komponen aplikasi yang dibutuhkan perangkat.

Tampaknya salah satu alasan utama Apple tidak merilis iPhone dengan kapasitas memori 32 GB, seperti dikutip dari laman BGR, Kamis(10/9/2015) adalah masalah penjualan atau uang.

Dengan memilih untuk tidak menghadirkan perangkat dengan memori 32 GB, maka Apple mendapat hasil penjualan lebih banyak dengan secara tidak langsung mengajak pengguna untuk membeli perangkat dengan memori yang lebih besar.

Sebagai gambaran yang digunakan dari laporan Above Avalon dengan hadirnya iPhone 16 GB, maka pembeli yang membutuhkan kapasitas memori lebih besar secara tidak langsung akan memilih iPhone 64 GB atau 128 GB, sebab hanya kapasitas itu yang tersedia.

Berbeda apabila iPhone model termurah 16 GB ditiadakan dan diganti dengan iPhone 32 GB, maka diperkirakan pengguna iPhone yang membutuhkan memori cukup besar dengan harga paling murah akan memilih iPhone 32 GB. Sementara itu, penjualan iPhone 64GB akan lebih sulit bertambah.

Perkiraan tersebut juga memberikan gambaran bahwa selisih keuntungan Apple dengan memilih menjual iPhone 16 GB dibandingkan 32 GB mencapai 3 miliar. Meski demikian, perhitungan ini tidaklah mewakili alasan Apple untuk lebih memilih menghadirkan iPhone 16 GB.

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini