Sukses

Mengintip Pesona Belitung dari Lensa Lenovo Vibe Shot

Lenovo Vibe Shot memiliki enam `senjata` pamungkas lewat lensa kameranya yang begitu ciamik, apa saja fiturnya?

Liputan6.com, Belitung - Lenovo Vibe Shot bisa dikatakan sebagai salah satu seri smartphone terbaru Lenovo yang mengusung konsep camera phone, yakni dimana menjadi smartphone yang memiliki fitur dengan kamera berteknologi canggih di atas rata-rata smartphone pada umumnya.

Dirilis beberapa pekan lalu di Jakarta, Rabu (26/8/2015), kebolehan Vibe Shot langsung banyak dilirik pecinta fotografi lantaran menyajikan beberapa fitur imaging yang tidak kalah `buas`nya dengan fitur yang hadir di kamera DSLR.

Lenovo Vibe Shot pada awalnya diperkenalkan di ajang Mobile World Congress 2015 dengan mendapatkan 11 jenis penghargaan bergengsi. Sehingga, sudah tak mungkin lagi para pecinta fotografi harus berpikir dua kali mencoba camera phone ini.

Berbekal lensa 16 MP, Kamera ini sudah dipersenjatai dengan mode auto ataupun mode pro mode, yang diklaim mampu menghadirkan `sensasi` foto layaknya kamera profesional. Seperti kamera lainnya, Vibe Shot juga dilengkapi dengan tombol shutter khusus yang dapat digunakan secara cepat untuk mengaktifkan fungsi kamera.

Nah, untuk menguji kecanggihan lensa kamera Vibe Shot, tim Tekno Liputan6.com mendapatkan kesempatan eksklusif untuk melihat ketangguhan fitur-fitur yang tersemat di kamera Vibe Shot ini.

Pada acara `Laskar Lenovo Media Camp` yang diselenggarakan di Pulau Belitung, Kamis-Jumat kemarin (10-11/9/2015), kami telah membidik beberapa foto saat menjelajahi indahnya pesona `Negeri Laskar Pelangi`, harus diakui, hasil yang didapat dari jepretan Vibe Shot sangatlah memuaskan. Kami pun mencoba beberapa fitur menarik lainnya agar mendapatkan hasil yang lebih baik lagi, apa saja fitur-fitur tersebut? Yuk simak ulasannya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Optical Image Stabilization

Optical Image Stabilization

Fitur pertama yang kami uji adalah fitur Optical Image Stabilization. Fitur ini bekerja dengan sangat baik saat kami berusaha membidik pemandangan landscape dari berbagai sudut pada saat kami menaiki perahu ketika menyeberang ke Pulau Lengkuas dan melewati pulau Batu Burung.

Hasil Foto Lenovo Vibe Shot (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Pada saat itu, guncangan perahu sempat menganggu fokus saat memotret, namun ternyata meskipun beberapa kali diguncang, hasil jepretan tidak menunjukkan adanya efek blur karena goyangan. Foto yang dibidik tampil mulus dan stabil berkat adanya fitur ini.

Hasil Foto Lenovo Vibe Shot (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Panoramic Selfie


Meskipun terdapat beberapa smartphone yang menghadirkan fitur Panoramic Selfie, namun fitur Panoramic Selfie yang hadir di Vibe Shot ini kami nilai sangat baik.

Lensa depan kamera Vibe Shot memiliki resolusi sebesar 8 Megapiksel (MP), sehingga sangatlah memungkinkan untuk menghasilkan foto-foto selfie ciamik dengan kualitas tajam dan berkarakter.

Hasil Foto Lenovo Vibe Shot (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Perlu diketahui, untuk mengabadikan momen dengan Panoramic Selfie bisa dibilang susah-susah gampang. Pada saat kami menjelajahi salah satu pulau kecil di Belitung, kami pun mencoba untuk mengabadikan momen group selfie dengan menggunakan fitur ini. Usahakan jangan terlalu bergoyang saat menggerakan kamera ke kiri dan ke kanan pada saat mengambil Panoramic Selfie, karena hasilnya akan tidak stabil.

Hasil Foto Lenovo Vibe Shot (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Pun begitu, Vibe Shot merupakan satu-satunya camera phone yang kami nilai mampu menghasilkan foto Panoramic Selfie yang tajam dan begitu baik.

3 dari 4 halaman

Instant On

Instant On

Fitur Instant On yang hadir di Vibe Shot terbilang efektif saat kami ingin segera mengabadikan momen yang kejadiannya terbilang sangat singkat.

Dalam keadaan layar terkunci, pengguna hanya menekan tombol shutter beberapa detik untuk dapat mengaktifkan kamera, atau tekan dua kali dengan cepat untuk mengambil momen yang datang tiba-tiba. Kamera langsung aktif dan sekaligus mengambil gambar yang diinginkan.

Infrared Auto Focus

Infrared Auto Focus merupakan salah satu fitur yang kami sukai pada saat beraktivitas dengan air laut di Belitung.

Hasil Foto Lenovo Vibe Shot (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Fitur ini memiliki mekanisme yang bisa mengunci fokus gambar dua kali lebih cepat dibanding smartphone biasa. Bagi Anda yang suka memotret objek terbang, meloncat, dilempar, berputar atau melakukan gerakan yang tergolong cepat, dengan mengaktifkan fitur ini maka hasil foto yang dijepret akan statis dan `terkunci`.

Smart Composition

Vibe Shot menghadirkan dua modus utama yang terdiri dari Auto dan Pro. Salah satu fitur unggulan pada mode Auto adalah Smart Composition yang memungkinkan camera phone ini dapat memandu Anda dengan instruksi dan persentase kualitas yang ditampilkan pada layar ketika sedang menggambil foto.

Kami mencoba membidik objek secara makro dengan mengaktifkan fitur ini, seperti inilah hasil yang didapat.

Hasil Foto Lenovo Vibe Shot (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Hasil Foto Lenovo Vibe Shot (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Ultra Low Light

Bicara soal mengambil foto dalam keadaan yang minim cahaya, Vibe Shot punya solusinya. Dengan mengaktifkan fitur Ultra Low Light, maka foto yang diambil dalam keadaan remang ataupun nyaris gelap dengan pencahayaan seadanya akan tampil stabil dengan filterisasi pencahayaan yang netral. Kami mencoba memotret objek lampu di tengah ruangan yang gelap. Inilah hasil yang terlihat.

Hasil Foto Lenovo Vibe Shot (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Secara keseluruhan, keenam fitur yang hadir di Vibe Shot ini kami nilai sangat baik dan benar-benar membantu untuk mengakomodir kebutuhan para fotografer yang khususnya sering beraksi di outdoor dan ingin menggunakan perangkat mobile yang mumpuni.

Vibe Shot memiliki kamera yang kemampuannya melampaui ekspektasi. Pun begitu, layaknya peribahasa `tak ada gading yang tak retak`, salah satu fitur – Panoramic Selfie yang hadir di Vibe Shot ada baiknya harus dimanfaatkan dengan baik dan tidak bergoyang agar menghasilkan foto panorama selfie yang total dan begitu sempurna.

(jek/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini