Sukses

Cortana Akan Sambangi Cyanogen OS

Dikabarkan akan hadirkan Cortana di Cyanogen OS, baik Microsoft dan Cyanogen masih enggan berkomentar mengenai kerjasama ini.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan startup yang dikenal sebagai pembesut sistem operasi berbasis Android, Cyanogen, dikabarkan sedang melakukan kerja sama dengan Microsoft untuk dapat menghadirkan Cortana di Cyanogen OS. 

Dikutip dari laman Venturebeat, Senin (14/9/2015), Cyanogen dikabarkan sedang bekerja sama untuk mulai mengintegrasikan Cortana di Cyanogen OS versi berikutnya.

Pun demikian, Microsoft tampaknya belum mau berkomentar banyak mengenai kerjasamanya dengan Cyanogen ini.

Namun, lewat juru bicaranya, Microsoft mengatakan bahwa mereka seperti yang telah diumumkan sebelumnya di bulan April, mereka sangat bersemangat untuk mengintegrasikan layanan bernilai tinggi milik Microsoft di Cyanogen OS.

Tampaknya reaksi Cyanogen juga tidak berbeda jauh. Saat dikonfirmasi mengenai kerja sama yang dilakukan oleh dua perusahaan ini.

Juru bicara Cyanogen juga mengatakan bahwa mereka memiliki kerja sama strategis untuk mengintegrasikan layanan populer milik Microsoft di sistem operasi tersebut. Akan tetapi, untuk saat ini mereka belum bisa memberikan detil lebih lanjut terkait kerja sama tersebut.

Cortana sendiri merupakan asisten pribadi virtual yang dikembangkan Microsoft. Cortana pertama kali muncul di Windows Phone 8.1 tahun lalu dan sekarang bersamaan dengan kehadiran Windows 10, Cortana menjadi salah satu fitur yang termasuk di dalamnya.

Sebelumnya, Microsoft juga telah merilis Cortana versi beta untuk pengguna Android dan dikabarkan tidak lama lagi akan menyambangi iOS.

(dam/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini