Sukses

Asyik, NASA Luncurkan Kanal TV UHD Gratisan

Bermitra dengan Harmonic, pemimpin dunia dalam infrastruktur pengiriman video, NASA meluncurkan NASA TV UHD.

Liputan6.com, Jakarta - Bermitra dengan Harmonic, pemimpin dunia dalam infrastruktur pengiriman video, NASA meluncurkan NASA TV UHD, sebuah kanal definisi ultra-tinggi (Ultra High Definition, UHD) nonkomersial alias `gratisan` pertama di Amerika Utara.

Kemitraan ini, dikutip dari rilis pers resmi di situs web NASA, Selasa (15/9/2015), merupakan hasil dari kesepakatan antara Harmonic dan Marshall Space Flight Center di Huntsville, Alabama.

Menggunakan sistem pengiriman video end-to-end UHD dari Harmonic, NASA TV akan memiliki kemampuan untuk menyampaikan konten video 2160p60 yang linear, yang memungkinkan pemirsa untuk menikmati rekaman di berbagai televisi dan perangkat yang terhubung ke internet. Kanal UHD baru ini diharapkan meluncur pada 1 November, berikut tes awal.

"Bermitra dengan Harmonic memberikan NASA jalan keluar untuk konten UHD, yang memiliki resolusi empat kali lebih baik HD (High Definition) dan kemajuan berikutnya dari televisi digital," kata Robert Jacobs, Deputy Associate Administrator untuk komunikasi di kantor pusat NASA di Washington.

Memanfaatkan resolusi 8 megapiksel dari UHD, kanal ini akan menampilkan keindahan yang menawan dan keagungan ruang ruang angkasa.

Konten video NASA TV UHD bersumber dari gambar dan video dengan resolusi tinggi yang dihasilkan di Stasiun Antariksa Internasional dan misi-misi NASA lainnya saat ini, serta kembali membuat rekaman "master" cuplikan dari misi bersejarah.

Harmonic saat ini sedang melakukan pembahasan dengan operator televisi berbayar untuk membawa kanal tersebut ke jaringan satelit, kabel dan optik untuk akses konsumen.

Kanal ini juga akan bisa diakses di internet melalui streaming, yang akan membutuhkan setidaknya konektivitas akses dengan kecepatan 13 MBps untuk menerima sinyal dan menikmati pengalaman UHD.

"Saat NASA meraih pencapaian baru dan mengungkapkan hal yang belum diketahui, kanal NASA TV UHD dapat menghadirkan perjalanan ruang angkasa di rumah. Dan sebagai organisasi terdepan di bidang inovasi, bersama-sama kami memimpin adopsi teknologi menarik ini," kata Peter Alexander, direktur pemasaran di Harmonic.

"Sebagai pemimpin dalam pengembangan UHD, Harmonic menyediakan solusi lengkap untuk produksi dan pengiriman video Ultra HD, memungkinkan penyedia konten, dan menawarkan kualitas video yang lebih baik dengan total biaya kepemilikan yang rendah," sambungnya.

(why/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.