Sukses

Jakarta Dibuat Geger Suara Mirip Terompet Sangkakala

Ibukota sempat dibuat heboh oleh suara bergemuruh yang menggema di langit wilayah Condet, Jakarta Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Ibukota sempat dibuat heboh oleh suara bergemuruh yang menggema di langit wilayah Condet, Jakarta Timur.

Meskipun suara tersebut hanya terdengar di wilayah setempat, namun banyak yang merekam kejadian itu lewat sebuah video dan diunggah ke YouTube. Kontan, video tersebut pun menjadi viral dan menjadi bahan perbincangan hangat netizen di jejaring sosial.

Salah satu video yang banyak ditonton adalah video dari pemilik akun bernama Elvan Dany Sutrisno. Di video yang berdurasi hampir 20 detik itu, tampak suasana langit Condet disusul dengan gemuruh suara misterius dengan frekuensi tinggi dan rendah yang diyakini sebagai terompet sangkakala.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Senin (14/9/2015), sampai saat ini video tersebut telah dilihat sebanyak 354 ribu views.

Sebelumnya, fenomena alam serupa sempat terjadi di wilayah Eropa beberapa waktu lalu. Meski memang belum terbukti kebenarannya, banyak yang meyakini bahwa suara tersebut merupakan bentuk peristiwa alam yang terjadi di langit.

Menanggapi soal ini, Kepala Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Thomas Djamalludin, mengungkap bahwa suara gemuruh misterius tersebut jelas bukan merupakan suara terompet sangkakala. Ia mengatakan, suara tersebut bisa berasal dari efek objek yang berada di lingkungan sekitar.

"Suara tersebut bukan merupakan bentuk dari peristiwa alam yang menyebabkan suara gemuruh. Dari LAPAN tidak menangkap dan menerima laporan tersebut. Namun kami meyakini bahwa suara itu merupakan gema pesawat yang melewati wilayah tersebut," ujar Thomas ketika dihubungi tim via telepon.

Beberapa pengguna YouTube pun memberikan komentar terkait video peristiwa tersebut. Beberapa diantaranya memberikan spekulasi ilmiah terkait suara yang ditimbulkan.

"Ini adalah suara HAARP. Sebuah teknologi yg bisa mengubah iklim dgn gelombang yg tidak bisa dilihat. HAARP adalah senjata gempa juga. HAARP menjadi teknologi perang politik negara maju," ungkap salah satu pemilik akun bernama Anonymous252.

"Suara pesawat kali ah, gak mungkin suara terompet kayak gitu," tulis salah satu pemilik akun bernama Ahmad Muhazir.

"Bon Jovi check sound ini sih.." ceplos salah satu komentar canda Indra Gunawan.

Jika Anda penasaran, berikut video suara misterius yang terjadi di kawasan Condet:



(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini