Sukses

Menguak Misteri Danau Pasir di Planet Mars

Wilayah perbukitan yang ditemukan robot Curiosity merupakan bekas danau di planet Mars, apakah benar?

Liputan6.com, California - Teka-teki kehidupan di Planet Mars masih terus berlanjut. Kali ini, robot rover eksplorasi planet Mars -- Curiosity, mengambil sebuah foto terbaru dengan memperlihatkan sebuah lokasi landscape yang menyerupai bukit pasir.

Dilansir laman Engadget, Selasa (15/9/2015), foto bukit berpasir yang dikirim oleh robot buatan NASA tersebut ditangkap pada 27 Agustus 2015 dengan menggunakan perangkat Mast Camera (Mastcam). Seperti yang sudah diketahui, tugas Curiosity adalah melaporkan tanda-tanda kehidupan di planet Merah tersebut ke NASA dengan memberikan sejumlah bukti berupa foto-foto yang ditangkap.

Foto bukit berpasir tersebut merupakan gabungan dari beberapa foto yang diambil oleh Curiosty. Lewat detil yang tampil di dalam citra foto ini, para peneliti langsung mengamati material batu dan pasir yang ada di bukit tersebut. Mereka berpendapat, bahwa formasi tersebut merupakan material yang terbentuk karena hembusan angin.

Wilayah perbukitan yang ditangkap Curiosity ini dijuluki dengan nama `Stimson Unit`. Area tersebut berada di region Mount Sharp, tepat berada di atas lapisan batu lumpur yang diyakini dulu merupakan kawasan danau di Mars. Saat ini, bukit pasir tersebut memang terlihat seperti bekas danau kering. Diungkap bahwa Curiosity tengah meneliti lokasi tersebut secara lebih lanjut untuk menentukan perubahan bebatuan dari waktu ke waktu.

Foto bukit ini rupanya masih sebagian kecil dari gambar yang diambil Curiosity. Untuk melihat gambar ini secara panoramic, NASA telah menyediakan langsung akses bagi penggunanya di website resmi mereka.

Curiosity pertama kali mendarat di planet Mars pada 6 Agustus 2012. Sejauh ini, beberapa penampakan objek aneh dikirim oleh robot bernilai Rp 37 triliun tersebut. Mulai dari objek mirip piramida, peti mati, sendok terbang, iguana, bahkan sampai kepala Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

(jek/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.