Sukses

Kematian Seseorang Bisa Diprediksi Lewat Komputer

Sekelompok dokter di Amerika sedang mengembangkan sebuah super komputer untuk bantu prediksi kondisi pasien.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan teknologi di bidang kesehatan tampaknya akan semakin canggih dan terkadang masih sulit untuk dibayangkan. Salah satunya adalah yang dilakukan oleh tim dokter dari Amerika Serikat ini.

Para dokter ini dikabarkan sedang berusaha mengembangkan sebuah komputer super yang dapat memprediksi kemungkinan kematian seseorang dengan akurasi yang sangat tinggi.

Komputer ini juga telah digunakan oleh beberapa pasien di The Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston. Bahkan dikatakan bahwa komputer tersebut mampu mengetahui penyakit lebih baik dari dokter biasa.

Dikutip dari laman Mirror, Rabu (16/9/2015), komputer ini telah diisi dengan informasi tentang 250.000 orang dari 30 tahun terakhir, sehingga dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit secara cepat. Diharapkan dengan diagnosis yang cepat dapat dilakukan penanganan yang cepat dan tepat.

Dr Steve Horng yang ikut serta dalam proyek ini mengatakan bahwa tujuan mereka dengan mengembangkan mesin ini bukanlah untuk menggantikan peran dokter.

"Peran artificial intelliegence dalam komputer ini hanya merupakan dukungan untuk dokter dalam menangani masalah pasien," tambah Horng.

Komputer ini dapat mengumpulkan data pasien setiap tiga menit. Data-data yang diukur mulai dari kapasitas oksigen serta tekanan darah. Serta data-data lain yang dibutuhkan dokter mengenai pasiennya untuk kemudian dikirim ke dokter yang menangani pasien tersebut.

Dr Horng mengklaim bahwa mesin ini dapat memprediksi sampai 96 persen kemungkinan sekarat seorang pasien.

Jika komputer ini mengatakan bahwa seseorang akan meninggal, maka besar kemungkinan bahwa pasien tersebut bakal meninggal meskipun kepastian waktunya tidak bisa ditentukan.

(dam/isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.