Sukses

Startup Milik Seleb Youtube Dapat Suntikan Rp 1,4 Triliun

Demi menyaingi BirchBox, startup yang bergerak pada layanan pengiriman makeup ini mendapat suntikan dana baru

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini Ipsy, startup yang bergerak di bidang layanan pengiriman makeup, mendapat suntikan dana sebesar US$ 100 juta atau berkisar Rp 1,4 triliun. 

Perusahaan mengumumkan bahwa investor yang menyuntik dana Seri B ini adalah TPG Growth and Sherpa Capital. Sebelumnya, Ipsy hanya mendapat suntikan dana sebesar US$ 3 juta atau sekitar Rp 43 miliar dari ventura kapital.

"Sekarang justru para investor sepertinya akan lebih habis-habisan demi mendanai Ipsy, sebab startup ini tumbuh signifikan berkat para pengguna Youtube," ujar salah satu investor kepada Fortune, sebagaimana dikutip Business Insider, Kamis (17/9/2015).

Bahkan, menurut sumber kepada Fortune, nilai startup tersebut kini telah mencapai US$ 800 juta atau sekira Rp 11,5 triliun.

Seperti diketahui, Ipsy merupakan startup yang dibangun oleh Michelle Phan, seleb YoTtube yang juga berprofesi sebagai ahli kecantikan. Phan yang gemar mem-posting tutorial makeup dan rambut di kanal YouTube pribadinya ini memiliki jutaan penggemar. 

Ipsy sendiri dibentuk pada 2011 oleh Phan bersama Marcelo Camberos, yang sebelumnya adalah Executive di Funny or Die, serta Jennifer Goldfarb, Analis Goldman Sachs yang kemudian menjadi Executive di perusahaan makeup bernama Bare Escentuals.

Ipsy sendiri awalnya bernama MyGlam. Kini Ipsy berkompetisi ketat  dengan Birchbox, startup serupa yang telah mendapat pendanaan US$ 72 juta atau sekitar Rp 1 triliun dari berbagai investor, termasuk Accel Partners, Slow Ventures, First Round Capital, dan Lerer Hippeau Ventures. 

Kepada Variety, Ipsy mengatakan bahwa perusahaannya sudah profitabl  dan telah mencatatkan pendapatan sebesar US$ 150 juta.

(cas/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.