Sukses

Playstation VR, Perangkat Virtual Reality Pertama ala Sony

Menyandang nama PlayStation VR, tampaknya Sony ingin menegaskan perangkat virtual reality mereka untuk penggunaan di game.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran perangkat teknologi virtual reality tampaknya akan semakin banyak. Setelah sebelumnya beberapa perusahaan lain telah lebih dulu mengumumkan perangkat virtual reality milik mereka.

Kali ini giliran Sony yang resmi mengumumkan perangkat virtual reality mereka yang diberi nama PlayStation VR.

Diumumkannya perangkat virtual reality Sony ini bersamaan dengan gelaran Tokyo Game Show Conference. Sebenarnya, perangkat virtual reality ini sudah diinformasikan sejak beberapa bulan lalu, namun kala itu Sony belum memiliki nama resmi untuk perangkatnya ini, dan masih berupa proyek yang diberi nama proyek Morpheus.

Dikutip dari laman IGN, Selasa (15/9/2015), perangkat virtual reality Sony ini belum secara resmi akan tersedia untuk konsumen umum. Pun demikian, tersiar kabar bahwa telah ada beberapa proyek virtual reality dari Sony yang telah disiapkan untuk perangkat virtual reality milik Sony ini, salah satunya adalah game dari Square Enix, yakni Final Fantasy XIV online.

"Kami masih akan terus memperbagus perangkat ini dari berbagai macam aspek, sambil terus bekerja dengan pengembang aplikasi pihak ketiga dan penerbit. Dengan begitu kami dapat membawa konten untuk menghadirkan pengalaman luar biasa yang hanya dapat dilakukan dengan perangkat virtual reality," tegas Masayasu Ito, Division President of PS Product Business & VP, Software Design Division Sony.  

Sony sendiri bukanlah perusahaan pertama yang resmi terjun ke bidang virtual reality. Beberapa perusahaan lain seperti Microsoft dan Oculus juga telah terlebih dulu mengumumkan perangkat virtual reality besutan mereka. Bahkan, Facebook juga dikabarkan tengah menggarap aplikasi video berbasis virtual reality.

(dam/cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.