Sukses

2 Cara Memulihkan Pesan yang Dihapus di iPhone

Jangan khawatir, Anda dapat mengembalikan pesan-pesan lama yang telah dihapus dengan dua cara ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menghapus pesan-pesan teks lama memang sudah menjadi kebiasaan sebagian besar orang, termasuk pengguna iPhone. Namun faktanya, pesan-pesan lama yang telah dihapus tersebut kadang-kadang kembali diperlukan. Jika Anda mengalami hal ini, Anda dapat memulihkan pesan-pesan tersebut dari iPhone Anda. Bagaimana caranya, simak ulasannya berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Via iTunes

1. Via iTunes
Apabila telah melakukan back up iPhone Anda ke iTunes, Anda dapat memulihkan pesan-pesan di iPhone Anda dari back up file tersebut. Kecuali jika Anda menonaktifkan pilihan sinkornisasi di iTunes, sebelumnya Anda harus sudah melakukan back up setiap kali menghubungkan iPhone Anda ke PC atau Mac.
- Hubungkan iPhone ke PC yang disinkronisasikan. Maka selanjutnya, iTunes akan terbuka. Jika iTunes tidak terbuka, buka lah secara manual.
- Anda akan melihat iPhone Anda muncul. Lalu pilih iPhone Anda.
- Selanjutnya pilih 'restore back up'.
- Semua data yang sebelumnya telah Anda back up, akan menimpa data di iPhone Anda. Proses ini berlangsung selama beberapa menit. Selama Anda belum melakukan back up setelah penghapusan pesan-pesan tersebut, pesan-pesan tersebut akan muncul di iPhone Anda.

3 dari 3 halaman

Aplikasi Pihak Ketiga

2. Aplikasi Pihak Ketiga
Jika cara sebelumnya tidak berhasil, tak perlu panik karena masih ada cara lain. Akan tetapi, cara ini mungkin akan memaksa Anda merogoh kocek, dan sayangnya, tidak ada jaminan bahwa cara ini akan berhasil.

Beberapa aplikasi pihak ketiga tampak memiliki reputasi yang baik, seperti Wondershare Dr.Fone for iOS dan Tenorshare iPhone Data Recovery. Dengan bantuan aplikasi-aplikasi ini, Anda seharusnya dapat memulihkan pesan-pesan yang telah dihapus itu. Namun sekali lagi, tidak ada jaminan bahwa penggunaan aplikasi ini akan berhasil.

(why/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.