Sukses

Top 5: Gunung Besar Bisa Mengambang di Pluto Sita Perhatian

Berikut rangkuman Top 5 berita terpopuler yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Berikut rangkuman Top 5 berita terpopuler yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com kemarin, Rabu (17/9/2015).

1. Di Pluto, Gunung Besar Bisa Mengambang

The National Aeronautics and Space Administration (NASA) kembali merilis serangkaian foto terbaru dengan memperlihatkan objek gunung, bukit pasir serta lapisan kabut yang berada di Pluto. Foto tersebut juga menampilkan sebuah kawah gelap, serupa dengan kawah yang berada di Bulan. Foto tersebut diambil oleh pesawat luar angkasa milik NASA -- New Horizons pada Juli 2015 lalu. Kawah gelap tersebut berbatasan dengan dataran bukit dan gunung yang terbuat dari es. Selain itu, karena Pluto memiliki atmosfer tipis, maka secara geologis bukit serta gunung yang menyerupai es besar tersebut bisa mengambang.

2. 2 Tahun Hilang di Luar Angkasa, Kamera GoPro ini `Pulang` Kembali

Sekelompok mahasiswa dari Stanford University menggagas ide gila untuk menerbangkan kamera GoPro menembus langit dengan menggunakan sebuah balon udara. Ide nekat mereka akhirnya berhasil direalisasikan dengan mempersiapkan balon udara untuk menerbangkannya di wilayah Grand Canyon. Bersama dengan teman-temannya, Bryan Chan, selaku salah satu penggagas ide itu menerbangkan kamera GoPro ke luar angkasa pada Juni 2013 lalu. Mereka juga menyematkan perangkat smartphone berkoneksi AT&T untuk melakukan tracking lokasi ketika balon tersebut mendarat. 

Balon tersebut mampu terbang sampai tingkat ketinggian 98.664 kaki (30.1 km), sampai akhirnya kamera tersebut mencapai lapisan atmosfer Bumi yang notabene memang tidak memiliki coverage koneksi mobile sama sekali. Ajaibnya, kamera itu tiba-tiba kembali 'pulang' ke Bumi dua tahun setelahnya. GoPro milik Bryan ditemukan oleh seorang wanita bernama Pearl Tsosie ketika ia sedang berjalan-jalan di gurun pasir wilayah Grand Canyon.

3. 2.500 Lenovo A7000 Special Edition Ludes Terjual Dalam 15 Menit

Lazada Indonesia untuk pertama kalinya menggelar flash sale Lenovo A7000 Special Edition. Dijual dengan harga Rp 2.399.000, sebanyak 2.500 Lenovo A7000 Special Edition telah terjual habis dalam waktu 15 menit. Lenovo A7000 Special Edition sendiri dilengkapi layar IPS full HD 5,5 inci dengan kedalaman piksel 401 ppi. Untuk mendukung kinerja, smartphone ini ditopang prosesor octa-core 64-bit dengan clock speed 1.7GHz, RAM 2GB DDR3, dan memori internal 16GB yang bisa diekspansi via microSD card.

4. Popularitas Samsung Mulai Memudar?

Menurut Shinhan Investment Corporation, pengapalan smartphone Samsung pada tahun ini diestimasi hanya naik 0,95 persen dari tahun lalu. Perusahaan asal Negeri Ginseng itu diprediksi mengapalkan sekira 318 juta unit smartphone pada tahun ini. Perlambatan pertumbuhan Samsung sebenarnya telah terlihat sejak beberapa tahun lalu.

Pengapalan Samsung pada 2012 tumbuh 131 persen year on year (YoY), kemudian melambat menjadi 44,4 persen pada 2013, lalu stagnan pada 2014. Di sisi lain, rival utama perusahaan yaitu Apple, pada tahun ini diprediksi mengalami pertumbuhan 19 persen dengan estimasi pengapalan 230 juta unit iPhone. Tingkat pertumbuhan YoY Apple adalah 49,4 persen pada 2012, kemudian 12,5 persen pada 2013, lalu 26,1 persen pada 2014.

5. 4 Ancaman Android yang Bikin Pengguna Ketar-ketir

Sistem operasi Android bisa dibilang menjadi salah satu sistem operasi populer yang hampir digunakan semua vendor smartphone di seluruh dunia. Namun demikian, rupanya sistem operasi besutan Google ini dinilai masih lemah. Kelemahan tersebut diungkap berdasarkan fakta bahwa Android memang masih memiliki celah keamanan yang bisa diakses dengan mudah oleh para hacker untuk mencuri data pribadi para penggunanya. terdapat empat (4) kelemahan yang ada di perangkat Android yang bisa `mengancam` penggunanya, yakni UI Spoofing, malware Ransomware, Fingerprint dan celah Stagefright.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini