Sukses

Demam Aplikasi Smartwatch Mulai Menjangkiti Pabrikan Mobil

Pabrikan mobil asal Amerika, Ford, ikut "tertular" oleh demam aplikasi smartwatch.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa tahun belakangan ini sejumlah pabrikan mobil telah mengenalkan dan meluncurkan aplikasi smartwatch. Dan sekarang, giliran Ford yang "tertular" oleh demam aplikasi smartwatch ini dengan aplikasi besutannya sendiri yang diluncurkan untuk pengguna Apple Watch dan Android Wear.

Dikutip dari laman The Verge, Jumat (18/9/2015), update aplikasi MyFord Mobile untuk Android dan iOS menambahkan ekstensi untuk smartwatch, yang antara lain menawarkan fitur kendali keadaan jarak jauh, mengunci dan membuka, jarak tempuh serta penunjuk arah berjalan untuk menemukan mobil saat sang pemilik memarkirkannya di suatu tempat.

Kabar ini bukanlah yang pertama kalinya mengenai aplikasi smartwatch dari Ford. Sebelumnya, Ford pernah menampilkan proyek bersama Apple Watch selama acara media di bulan April 2015 di fasilitas penelitian Silicon Valley.

Melihat hal semacam ini, yang menampilkan kemajuan riset dan pengembangan untuk produksi yang begitu cepat, tidaklah mengejutkan. Maka, perusahaan mobil pun tertarik untuk terlibat dalam teknologi maju setelah melewatkan tahun-tahun revolusi smartphone.

Karena itu, beberapa dekade ke depan, industri akan ditentukan oleh teknologi antara mengemudi otonomos, drivetrains listrik, dan platform mobil yang terkoneksi.

Ada satu hal unik dari aplikasi besutan Ford ini. Aplikasi tersebut hanya tersedia untuk mobil listrik dan mobil hibrida, yaitu C-MAX Energi, Focus Electric, dan Fusion Energi.

Terdapat setidaknya satu alasan mengapa aplikasi ini terbatas pada mobil listrik dan hibrida, yaitu kedua jenis mobil ini dilengkapi dengan modem seluler, sedangkan model mobil Ford lainnya tidak.

(why/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini