Sukses

Apple Watch Berhasil Selamatkan Nyawa Seorang Atlet

Berkat Apple Watch miliknya, remaja ini berhasil selamat dari keadaan yang hampir mengancam nyawanya.

Liputan6.com, Amerika Serikat - Seorang remaja bernama Paul Houle Jr. di Amerika Serikat berhasil selamat dari keadaan bahaya yang dialaminya karena masalah ginjal. Hal ini diketahui dari informasi heart-rate monitor di Apple Watch miliknya.

Menurut informasi yang dilansir laman Tech Times, Houle yang merupakan seorang atlet American Football pertama kali menyadari ada hal yang tidak beres, ketika melihat keanehan informasi heart-rate monitor Apple Watch miliknya begitu tinggi.

Houle yang merasa curiga bahwa perangkatnya tersebut rusak, kemudian melaporkan hal tersebut ke pelatihnya yang langsung melakukan pengukuran secara manual dan menemukan hal yang sama.

Dari pemeriksaan lanjutan ternyata Houle menderita Rhabdomyolysis, cedera otot yang dapat mengancam ginjal dan kompilasi lainnya termasuk amputasi dan kematian. Namun akhirnya, nyawa Houle berhasil diselamatkan berkat informasi dari Apple Watch miliknya.

Kejadian tersebut memang bukan kali pertama Apple Watch berhasil menyelamatkan penggunanya. Sebelumnya, juga pernah ditemukan seorang pria yang mendapat pertolongan pertama tak lama setelah informasi heart-rate monitor dari Apple Watch miliknya menujukkan kenaikan secara tidak normal.

Kemampuan heart-rate monitor dari Apple Watch memang sangat membantu, terlebih informasi yang ditampilkan tidak jarang mendekati hasil medis yang sebenarnya.

Pun demikian, heart-rate monitor di Apple Watch tidak dimaksudkan untuk menggantikan heart-rate monitor medis yang sebenarnya. 

(dam/dew)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini