Sukses

61 Persen Facebookers Indonesia Pilih Berbisnis di Page UKM

Facebook Pages dengan basis UKM menyita sebagian besar pengguna Facebook di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Facebook kini tak sekadar menjadi jejaring sosial yang hanya berfungsi sebagai wadah komunikasi setiap orang. Semakin berkembangnya daya saing di antara jejaring sosial mendorong Facebook untuk menciptakan sebuah ekosistem usaha kecil menengah (UKM) yang lebih praktis dan mudah dijangkau lewat hadirnya Facebook Pages.

Menurut survei yang dilakukan salah satu media sosial terbesar itu, Facebook Pages dengan basis UKM rupanya menyita sebagian besar pengguna Facebook di Tanah Air.

Diungkap, sebagian besar pengguna Facebook menghabiskan waktu mereka dengan menggunakan smartphone, sehingga pelaku bisnis bisa memanfaatkan perangkat tersebut sebagai tools yang mudah untuk mengakses bisnis mereka di Facebook Pages. Mereka juga menciptakan sebuah awareness ke pengguna dengan hadirnya Pages berbasis UKM ini.

Survei tersebut juga mengungkap bahwa lebih dari 1 miliar orang mengunjungi Facebook Pages setiap bulan, dan 61 persen pengguna Facebook yang berasal dari Indonesia kini benar-benar 'terhubung' dengan page UKM.

Andy Hwang, Head of Small and Medium Business (SMB) for Asia-Pasific Facebook mengatakan bahwa saat ini koneksi mobile di dunia telah melampaui jumlah populasi manusia. Koneksi tersebut sudah tak bisa dipungkiri semakin berkembang dan lebih luas untuk segmen bisnis.

"Ini menjadi momen yang tepat bagi semua pelaku UKM agar bisa menjadikan koneksi mobile sebagai channel komunikasi yang praktis dan lebih 'berevolusi'. Oleh karena itu, hadirnya Facebook Page dengan basis UKM merupakan langkah besar kami untuk mengoneksikan customer dengan pembeli lebih mudah dan personal," tutur Andy pada presentasinya di acara Facebook Market Boot Camp 2015 di Gedung Smesco, Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Facebook Marketing Boot Camp (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Facebook memang lebih memfokuskan langkahnya untuk menggandeng UKM di Indonesia agar dapat membuat bisnisnya lebih 'terkoneksi' lewat Page UKM Facebook. Oleh karena itu, sebagai wujud nyata untuk merealisasikan hal ini, Facebook mengadakan Marketing Boot Camp di Indonesia untuk pertama kalinya. 

Dengan diselenggarakannya acara ini, para pelaku UKM yang belum terkoneksi dengan page akan dibantu untuk belajar menggunakan Facebook Pages dengan dibekali pengetahuan dan kemampuan untuk memasarkan produk mereka secara online.

Facebook juga menambahkan fitur terbaru pada Pages untuk membantu 45 juta bisnis yang aktif di Facebook. Pembaruan ini diklaim memudahkan masyarakat Indonesia untuk menemukan apa yang mereka cari lewat smartphone. Tentunya ini akan membantu bisnis lokal untuk lebih mudah dalam menampilkan dan mengatur informasi yang ingin ditampilkan kepada pelanggan mereka. (Jek/Isk/Sar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.