Sukses

Dari 57 Juta UKM, Cuma 15 Juta yang `Go Online`

57 juta UKM yang bergerak menjalankan bisnisnya masing-masing di Indonesia. 15 juta diantara sudah `go online`

Liputan6.com, Jakarta - Laju perkembangan usaha kecil menengah (UKM) dinilai sedang naik pesat. Apalagi, melihat penetrasi smartphone yang begitu tinggi, solusi berbisnis di jejaring sosial bisa lebih praktis dan mudah dijangkau oleh konsumen.

Facebook pun membuktikan hal tersebut dengan mengadakan Marketing Boot Camp, mengajak kalangan UKM yang belum `terkoneksi` secara online untuk mengetahui seluk beluk dan keuntungan berbisnis di jejaring sosial terpopuler ini.

Waizly Darwin, Head of Small and Medium Business (SMB) Facebook Indonesia, mengatakan bahwa dengan diadakannya Marketing Boot Camp ini, pihak Facebook mengaku senang bisa berkolaborasi dengan pemerintah untuk mendorong UKM Indonesia agar bisa mengembangkan bisnisnya lebih luas dengan cara online dan meraih kesuksesan di Facebook.

“Facebook kini tak hanya menjadi social network terbesar, namun juga menjadi platform social commerce karena bisa membantu UKM menjalankan bisnisnya,” tutur Weizly ketika ditemui tim Tekno Liputan6.com pada acara Marketing Boot Camp yang dihelat di Gedung Smesco, Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Waizly Darwin, SMB Lead Facebook Indonesia (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Weizly menambahkan, terdapat 57 juta UKM yang bergerak menjalankan bisnisnya masing-masing di Indonesia. Terkini, ia mengungkap sekitar 15 juta UKM sudah `go online`.

“Nah, dari situ kami masih bertugas untuk memboyong mereka, baik dari UKM offline maupun yang online agar bisa terkoneksi ke Facebook Pages,” lanjutnya.

Dijelaskan Weizly, rupanya terdapat beberapa UKM online yang justru sudah sukses di ranah bisnis online dan mampu menciptakan brand lokal yang begitu kuat. Namun, ia melanjutkan, Facebook tidak hanya akan berfokus membantu UKM yang sudah `settled` dengan bisnis online-nya, namun juga akan mengajak UKM tradisional yang tersebar di berbagai daerah agar bisa `naik kelas` dan segera mengkoneksikan bisnisnya ke Facebook Pages.

Meski begitu, Weizly membeberkan bahwa untuk mengajak UKM offline ini tentunya harus dibekali pengetahuan dan tools yang sesuai, sebagaimana nantinya akan diberikan pada Marketing Boot Camp.

“Kita berikan rumus 5M dan 1T. UKM harus memiliki semua aspek itu. Kita harus menekankan market access, marketing publicity, mentoring, money dan management serta skill. Tak lupa, selain berfokus ke pengembangan bisnis, pelaku UKM harus mengingat 1T (Technology) karena mereka sedang bermain di ranah bisnis online,” tuturnya.

Penetrasi penggunaan Facebook di Indonesia hingga sekarang nyatanya masih terbilang tinggi. Tak heran, inilah kesempatan Facebook untuk memoles fitur Pages, khususnya di segmen bisnis dengan melibatkan UKM yang ada di Indonesia.

Sampai saat ini, terdapat sekitar 40 juta orang Indonesia yang menggunakan Facebook, dengan pencapaian 72 pengguna aktif yang mengakses Facebook per bulan, dan 32 juta pengguna aktif untuk per harinya. Sementara itu, 30 juta diantaranya mengakses jejaring sosial ini dengan menggunakan smartphone.

(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini