Sukses

Peringatan, Jangan Klik Tombol 'Dislike' Facebook Ini!

Sekelompok hacker dilaporkan telah memasang `jebakan` yang memerintahkan pengguna untuk menginstal tombol Dislike di Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - Founder dan CEO Facebook ke depannya dipastikan akan meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk men-dislike posting-an teman. Namun apakah Facebook akan menyematkan tombol `Dislike` atau semacam emoji, hingga kini belum diketahui.

Memanfaatkan situasi tersebut, sekelompok hacker dilaporkan telah memasang `jebakan` yang memerintahkan pengguna untuk menginstal tombol `Dislike` di Facebook.

Seperti yang diketahui, hingga saat ini tombol `Dislike` sendiri belum diluncurkan di Facebook. Laman Hackread memperingatkan, bila ada seseorang atau pengguna Facebook yang mengundang Anda untuk mengunduh tombol `Dislike`, disarankan untuk keluar dari laman tersebut.

Scammers menggunakan tombol yang menyatakan tidak suka ini sebagai umpan untuk menarik pengguna Facebook pemula mengklik beberapa link yang akan memberi mereka akses ke tombol `Dislike` tersebut.


Tombol Dislike (hackread.com)

“GET NEWLY INTRODUCED FACEBOOK DISLIKE BUTTON ON YOUR PROFILE.” Demikian tulisan yang tertera pada jebakan tombol `Dislike` itu, seperti dikutip dari laman Hackread, Selasa (22/9/2015).

Tombol Dislike (hackread.com)

Selanjutnya, deskripsi mengatakan bahwa itu adalah “invite-only feature” yang mana hanya dapat diaktifkan dengan mengklik link yang tertera, dan akhirnya mengarahkan korban ke penipuan dan situs berbahaya.

(isk/dhi)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.