Sukses

10 Situs e-Commerce Paling Laris, Bukalapak.com Nomor 1

Data Alexa menunjukkan Bukalapak.com kini bertengger di peringkat teratas situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi.

Liputan6.com, Jakarta - Bermodal tekad dan kerja keras, CEO Achmad Zaky dan timnya mampu membuktikan bahwa situs jual beli Bukalapak.com yang didirikannya bisa menjadi nomor satu di Indonesia.

Data terkini dari perusahaan survei Alexa menunjukkan bahwa Bukalapak.com kini bertengger di peringkat teratas sebagai situs e-commerce yang paling `laris` dikunjungi di Tanah Air.

Sejak diluncurkan pada tahun 2010, situs jual beli dengan slogan 'jual-beli online mudah dan terpercaya' ini berkembang cukup pesat. Saat itu pemain di bisnis e-commerce memang masih sedikit sehingga Bukalapak.com bisa leluasa membidik para pengguna internet untuk berjual beli online. 

Kelahiran Bukalapak.com disambut positif masyarakat. Berawal dari dua orang di sebuah garasi kecil, satu tahun kemudian Bukalapak memiliki tim 5 orang. Dan kini situs jual beli ini sudah memiliki sekitar 90 orang karyawan.

Bukalapak mempunyai misi untuk meningkatkan kualitas UKM di Indonesia, salah satunya karena strategi penjualan di UKM masih kurang terarah. Pada awal berdiri, justru UKM dan pedagang-pedagang kecil lah yang menyambut positif Bukalapak.com, yang notabene tidak memiliki banyak modal untuk membuka lapak usaha secara offline.

Dalam sebuah wawancara khusus dengan tim Tekno Liputan6.com beberapa waktu lalu, Zaky pernah mengatakan bahwa Bukalapak.com telah mengumpulkan lebih dari 190 ribu penjual (seller). Jumlah itu lebih banyak dari situs internet jual beli manapun di Indonesia. 

Kesuksesan itu pulalah yang memicu PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk, (Emtek GROUP), PT. Kreatif Media Karya (KMK Online) menginvestasikan dana Seri B kepada Bukalapak pada Februari 2015 lalu. Dengan dana yang diperoleh, Zaky optimis bahwa bisnisnya akan tumbuh 8 kali lipat di tahun 2015 ini.

Setelah Bukalapak.com, posisi kedua ditempati oleh Lazada, disusul Tokopedia, OLX dan Elevenia. Berikut daftar 10 situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi di Indonesia menurut data Alexa per 22 September 2015:

1. Bukalapak.com
2. Lazada.co.id
3. Tokopedia.com
4. Olx.co.id
5. Elevenia.co.id
6. Blibli.com
7. Zalora.co.id
8. Alibaba.com
9. Bhinneka.com
10. Mataharimall.com

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.