Sukses

Alasan Pengguna Lebih Memilih Tablet Ketimbang Smartphone

41 persen dari pengguna tablet merasa puas dan 18 persen lainnya merasa senang selama menggunakan tablet.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan data dari IDC (International Data Corporation) pada kuartal ketiga 2014, penjualan tablet secara global hanya mencapai 7,2 persen. Tercatat ada sekitar 76 juta tablet yang dikapalkan pada kuartal terakhir 2014.

Jumlah tersebut memang terlihat sangat banyak. Namun pada kenyataannya, hal itu menandai penurunan 3,2 persen pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Itulah pertama kalinya IDC melihat penurunan jumlah pengapalan tablet dari tahun ke tahun sejak perangkat berlayar lapang itu mulai meledak pada 2010.

Hal ini kemungkinan besar dikarenakan banyak vendor yang menawarkan smartphone berlayar besar alias phablet. Namun, Vebbyna Kaunang, IM Marketing Director Samsung Electronics Indonesia, mengungkap bahwa tablet tidak akan sepenuhnya bisa digantikan oleh smartphone ataupun phablet.

Ia berpendapat, sebenarnya baik tablet maupun phablet `saling melengkapi`. Dipaparkan Vebbyna, tiga tahun terakhir penggunaan tablet di segmen menengah ke atas mengalami peningkatan sebesar 73 persen.

Lalu, apa yang membuat pengguna lebih memilih menggunakan tablet? Menurut hasil studi perusahaan pemasaran digital RealityMine, pengguna memilih memakai perangkat tablet untuk bermain game, mendengarkan musik, dan menonton video atau TV.

Dengan kata lain, sektor hiburan mendominasi penggunaan tablet. Hal ini wajar mengingat layar tablet yang lebih besar mampu memberikan pengalaman mengonsumsi konten visual yang lebih baik. Lebih lanjut, RealityMine mengungkapkan, sekitar 41 persen dari pengguna tablet merasa puas dan 18 persen lainnya merasa senang selama menggunakan tablet.

Selain Hiburan, Juga Pas Untuk Bekerja

Disokong spesifikasi dan konektivitas yang kian mumpuni, tablet seperti Samsung Galaxy Tab S2 yang memiliki processor Octacore and 3 GB RAM, teknologi 4G LTE yang tertanam juga dapat mendukung produktivitas kerja yang maksimal, khususnya bagi kalangan pekerja yang mengadopsi gaya kerja telecommuting.

Teman Anda kehabisan kuota internet dan tidak menemukan koneksi Wifi? Samsung Galaxy Tab S2 dapat menjadi hotspot.

Terlebih pada beberapa perangkat tablet, termasuk Samsung Galaxy Tab S2 menghadirkan aplikasi perkantoran, seperti Microsoft Office yang mana mampu memudahkan proses kerja penggunanya. Desain tablet yang semakin tipis dan compact, juga sangat praktis untuk dibawa oleh para pekerja mobile.

Cocok Untuk Ibu Pekerja Kantoran

Tak cukup sampai di situ, tablet juga menjadi satu tempat pemberhentian untuk membantu mengerjakan beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh seorang ibu pekerja kantoran.

Rini F. Hasbi, Marketing Director Intel Indonesia menjelaskan, ketika di pagi hari ibu-ibu sedang sibuk menyiapkan sarapan untuk keluarganya, sekaligus mengemas bekal makan siang dan merapikannya, tablet dapat membantu mengerjakannya.

Dengan tablet, mereka bisa mengatur kalender harian, melihat email pekerjaan dan berbelanja online untuk mengisi kembali kebutuhan rumah tangga. Samsung Galaxy Tab S2 memiliki dua layar yang bisa dipilih para wanita karir, apakah 8 inci dan 9,7 inci.

Jika ibu pekerja kantoran sangat sibuk sehingga tidak bisa meninggalkan meja kerja, bahkan tidak memiliki waktu untuk makan siang, tablet memiliki seluruh produktivitas dan fitur keamanan yang bisa digunakan untuk bekerja serta membantu untuk tetap tersambung ketika beristirahat dari meja kerja.

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.