Sukses

Pamer 4G, XL 'Boyong' Robot Teleconference

Dian Siswarini, Presiden Direktur XL, bertelekonferensi langsung dari Surabaya dengan Double Robotic.

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang menarik saat Commercial Launch 4G LTE XL Axiata berlangsung di Jakarta, Selasa (22/9/2015) kemarin. Operator seluler ini memboyong robot teleconference bernama Double Robotic. Lalu, untuk apa robot ini? 

Rupanya, Dian Siswarini, Presiden Direktur XL Axiata, tengah bertelekonferensi dengan beberapa manajemen XL Axiata langsung dari Surabaya. Ya, layanan 4G LTE yang diresmikan kemarin memang diperuntukkan kota Surabaya dan Denpasar.

"Halo semuanya," sapa Dian yang juga sempat berbincang mengenai kondisi di sana sesaat setelah layanan 4G LTE XL di frekuensi 1.800 MHz resmi komersial. Perlu diketahui, telekonferensi ini menggunakan koneksi 4G LTE juga.

Double Robotics ini merupakan robot pabrikan Double Robotics Inc, perusahaan robot asal Amerika Serikat.  

Halo, kenalkan ini Double Robotics

"Dulunya (Double Robotics Inc) adalah startup, sekarang sudah berkembang besar," aku Kristoforus Kusuma, Territory Manager PT Data Raya Solusindo, distributor Double Robotics di Indonesia, dijumpai usai acara.

Jika dilihat seksama, robot ini memang menyertakan dua perangkat tablet iPad Air. Satu untuk menggerakkan robot, dan yang satunya sebagai layar telekonferensi. Selain itu, robot ini juga hanya bisa bergerak maju-mundur dan kiri-kanan.

Double Robotics menggunakan dua perangkat tablet untuk telekonferensi


"Saat ini Double Robotics hanya bisa berjalan di iOS, yakni untuk perangkat iPad 2 dan iPad Air. Harganya berkisar US$ 3.500, tapi itu tidak termasuk perangkat tabletnya," ungkap Kristoforus. 

Di bawah iPad Air merupakan speaker untuk menghasilkan suara saat telekonferensi

(cas/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.