Sukses

Serunya Membaca Pikiran Orang Lain Lewat Internet

Tidak lama lagi, kemampuan membaca pikiran tampaknya akan segera menjadi kenyataan.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi banyak orang, kemampuan membaca pikiran terdengar keren. Ya, jelas demikian karena kemampuan ini hanya dimiliki segelintir orang yang memang dibekali bakat alamiah dari Tuhan.

Para peneliti di Amerika Serikat baru saja berhasil menghubungkan otak dua orang peserta penelitian yang terpisah sekitar 1,5 km. Dalam penelitian ini, kedua peserta bermain permainan tanya-jawab

Penelitian ini, seperti dikutip dari Science Alert, Selasa (29/9/2015), merupakan penelitian pertama yang mendemonstrasikan dua otak dengan dihubungkan secara langsung untuk memungkinkan seseorang menebak secara akurat, apa yang dipikirkan lawan bicaranya. Tentu ini adalah pencapaian besar.

Adapun aturan main dari permainan tanya jawab di penelitian ini, seseorang tidak bertanya secara langsung kepada seorang lainnya, sebab keduanya berada di tempat terpisah dan tidak diizinkan berbicara satu sama lain atau berkomunikasi dengan menggunakan apapun, kecuali dengan pikiran mereka yang dihubungkan melalui internet.

Dengan menggunakan sistem ini, peserta dapat menebak secara tepat objek yang dipikirkan oleh peserta lainnya, dengan tingkat keakuratan 72 persen.

"Saya kira, ini merupakan penelitian otak yang paling rumit. Dan sekarang, penelitian ini telah dilakukan pada manusia," ungkap ketua tim peneliti Andrea Stocco dari University of Washington.

Penelitian ini, lanjut Stocco, menggunakan pengalaman sadar melalui sinyal yang dialami secara visual, dan ini memerlukan dua orang yang terlibat di dalamnya.

Tim penelitian tersebut berharap bahwa penelitiannya suatu hari nanti akan memungkinkan mereka untuk langsung mengirim sinyal dari otak seseorang ke lawan bicara, yang membantu 'mentransfer' pengetahuan secara efektif.

(why/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.