Sukses

6 Aplikasi Fotografi Premium Terbaik yang Layak Dicoba

6 aplikasi fotografi premium berikut ini dapat menjadi alternatif dari aplikasi fotografi default.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini kamera bisa dibilang merupakan fitur wajib yang ada di smartphone. Coba saja perhatikan, sebelum memutuskan membeli smartphone, selain prosesor, kapasitas RAM, dan GPU, hal berikutnya yang sangat mungkin menjadi pertimbangan adalah kamera.

Analis teknologi, Mary Meeker, melakukan penelitian tahunan mengenai tren internet. Menurut hasil penelitiannya di awal 2013, diketahui bahwa lebih dari 500 juta foto diunggah dan dibagikan setiap hari. Angka itu cukup mengejutkan, tetapi setahun kemudian, Meeker mengklaim bahwa angka itu mengalami peningkatan signifikan, yaitu menjadi 1,8 miliar foto per hari!

Kemudian, meski di tahun ini tidak ada angka terbaru mengenai laporannya, masih cukup masuk akal jika jumlah foto yang diunggah setiap hari akan mengalami peningkatan tajam, berdasarkan pertumbuhan jumlah handset dan popularitas aplikasi berbagi foto.

Beberapa aplikasi terkenal untuk fotografi mobile antara lain, Facebook, Snapchat, Instagram, dan Yahoo Flickr. Sementara itu, aplikasi kamera bawaan dari Android, Apple, dan Microsoft terus meningkat kualitasnya dengan pembaruan perangkat lunak (software update).

Namun semua itu belum lengkap tanpa kehadiran aplikasi fotografi mobile lainnya. Dihimpun dari The Guardian, Senin (28/09/2015), berikut ini 6 aplikasi fotografi premium terbaik yang layak dicoba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Facetune dan VSCO cam

1. Facetune (£ 2,99)
Android / iOS / Windows Phone


Tidak adil rasanya jika melabeli aplikasi Facetune sebagai aplikasi yang hanya mengakomodasi bidikan selfie. Selain bagus untuk selfie, Facetune juga merupakan aplikasi editing yang sangat bagus yang memungkinkan penggunanya membidik objek, mulai dari mata, kulit, hidung dan bahkan senyuman.

Cobalah untuk menghindari menggunakan Facetune dalam modus "tone-deaf" sebab masih banyak hal yang dapat diutak-atik dari Facetune.

2. VSCO Cam (Gratis + Penyedia jaringan internet)
Android / iOS


Ketika Anda berbicara dengan orang-orang yang serius tentang fotografi mobile, VSCO Cam sering muncul di awal pembicaraan. Ya, VSCO memiliki filter seperti kebanyakan aplikasi foto, tapi alat editing ini juga didukung dengan lebih banyak fitur lainnya.

Selain itu, VSCO Cam memiliki komunitas fotografer sendiri untuk berbagi gambar dan mengambil inspirasi dari foto-foto di komunitas tersebut.

3 dari 4 halaman

EyeEm dan Do Camera by IFTTT

3. EyeEm (Gratis)
Android / iOS / Windows


PhoneEyeEm merupakan aplikasi editing foto lainnya dengan filter dan alat-alat lain untuk merapikan bidikan Anda. Fitur yang paling menarik adalah "pasar" dari EyeEm itu sendiri.

EyeEm menjadi tempat bagi Anda untuk mengunggah fotografi terbaik Anda dan (mudah-mudahan) menghasilkan sejumlah uang, jika bidikan Anda dibeli oleh merek atau penerbit media. Seperti VSCO Cam, komunitas fotografernya menyediakan banyak inspirasi untuk foto Anda sendiri.

4. Do Camera by IFTTT (Gratis)
Android / iOS

Aplikasi fotografi yang satu ini merupakan salah satu aplikasi dari layanan internet IFTTT. Seperti aplikasi serupa lainnya, Do Camera by IFTTT dibuat sedemikian rupa untuk mengotomatisasi tugas-tugas yang mungkin ingin Anda lakukan dengan foto Anda.

Sebagai contoh, mengambil foto dan mengunggahnya ke Evernote secara otomatis, mengirim foto ke kontak tertentu melalui e-mail, atau mengunggah foto ke Twitter atau Tumblr tanpa harus membuka aplikasinya.

4 dari 4 halaman

Pixelmator dan Camera51

5. Pixelmator (£ 3,99)
iOS

Ada banyak aplikasi dengan merek 'Photoshop' yang tersedia untuk tablet dan smartphone. Tapi nyatanya, makin banyak pula pengguna iOS menggunakan Pixelmator sebagai alternatif.

Pixelmator juga tersedia untuk komputer Mac, tapi versi iOS adalah yang sangat populer, dengan fitur canggih yang dilengkapi antarmuka intuitif untuk mengedit foto semiprofesional, mempercantik bidikan untuk berbagi dengan teman-teman, atau hanya membuat meme dengan menggunakan alat teks.

6. Camera51 (Gratis)
Android / iOS

Banyak aplikasi fotografi mobile berfokus pada editing untuk membuat foto yang lebih baik setelah bidikan diambil. Sebaliknya, Camera51 membantu Anda membidik foto sebaik mungkin di tempat pertama.

Aplikasi ini akan memberi tahu Anda mengenai framing dan komposisi, memperingatkan Anda tentang objek yang mungkin Anda temukan di jalan, dan bahkan membantu agar selfie dengan teman-teman Anda tidak mengecewakan.

(why/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.