Sukses

Temui Presiden Tiongkok, Bos Facebook Lihai Berbahasa Mandarin

Chief Executive Officer (CEO) Facebook, Mark Zuckerberg, kian mahir berbahasa Mandarin.

Liputan6.com, Jakarta - Chief Executive Officer (CEO) Facebook, Mark Zuckerberg, kian mahir berbahasa Mandarin. Ia pun membuktikannya dengan sama sekali tidak menggunakan bahasa Inggris saat berbincang dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping.

Zuckerberg menunjukkan kepiawaiannya berbicara dalam bahasa Mandarin saat menemui Xi dalam acara tahunan Forum Industri Internet Amerika Serikat (AS)-Tiongkok ke-8 di Seattle, AS.

Acara tersebut digelar bersamaan dengan kunjungan Xi ke AS. Sejumlah pimpinan perusahaan teknologi terkemuka juga hadir dalam acara tersebut, termasuk CEO Amazon Jeff Bezis, CEO Apple Tim Cook dan CEO Microsoft Satya Nadella.

Zuck yang merupakan suami Priscilla Chan tersebut mengungkapkan pengalamannya berbincang dengan Xi, di akun Facebook-nya.

"Itu adalah kali pertama saya berbicara dengan seorang pemimpin dunia dalam bahasa asing. Saya menganggapnya sebagai pengalaman hidup yang berarti. Suatu kehormatan dapat bertemu dengan Presiden Xi dan para pemimpin lainnya," tulis Zuckerberg, seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (25/9/2015).

Di sisi lain, ini bukan kali pertama Zuckerberg memamerkan keahliannya menggunakan bahasa Mandarin di depan umum. Tahun lalu, dia juga menjalani sesi tanya-jawab di Tsinghua University, Tiongkok, menggunakan bahasa Mandarin. Saat Tahun Baru Imlek, ia juga berbagi sebuah video yang menampilkan kecakapannya dalam bahasa Mandarin.

Dikabarkan, ada beberapa alasan kenapa Zuckerberg menaruh perhatian lebih besar untuk mempelajari Tiongkok. Keluarga istrinya diketahui menggunakan bahasa Mandarin, dan hal itu membantunya memahami budaya Tiongkok, sebuah pasar yang sangat ingin dijangkau oleh Facebook. Seperti diketahui, Facebook saat ini diblokir di negara tersebut, sama halnya dengan website populer lainnya seperti Google dan YouTube.

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.