Sukses

5 Cara Tes Kecepatan Internet di PC secara Akurat

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memeriksa koneksi internet di komputer secara akurat.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna internet tentu pernah bertanya-tanya seberapa cepat koneksi internetnya. Untuk mengetahuinya, ada sejumlah cara yang dapat ditempuh, antara lain dengan melakukan pengetesan.

Mengapa kecepatan internet harus dites? Alasan yang paling sederhana adalah untuk memastikan apakah bandwidth dari penyedia jasa internet sesuai dengan tarif berlangganan yang dibayar.

Adapun alasan lainnya adalah untuk memastikan apakah kecepatan internet yang ada memungkinkan untuk layanan video streaming. Sebab jika kecepatan internetnya lambat, akan terjadi buffering.

Dikutip dari laman About, Senin (5/10/2015), berikut ini 5 langkah yang harus diperhatikan untuk memeriksa kecepatan internet di komputer secara akurat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Restart modem dan route

1. Restart modem dan router

Restart merupakan langkah standar pertama untuk hampir setiap masalah teknis. Tapi, restart juga adalah langkah proaktif yang bagus untuk ditempuh, terutama pada router dan modem digital berkecepatan tinggi. Modem dan router bekerja sama untuk memberikan komputer Anda dan perangkat lainnya akses internet.

Keduanya bertanggung jawab atas sejumlah pekerjaan besar, seperti mengarahkan dengan baik segala macam lalu lintas internet di sekitar rumah Anda yang terhubung ke internet.

Modem dan router terkadang menjadi penyebab lambatnya berselancar di web dan streaming film. Karena kita sedang mencari tahu tes kecepatan internet yang benar-benar akurat, maka restart modem dan router sering membantu membuat keduanya berfungsi dengan baik.

Penting: Meskipun tidak penting perangkat mana yang Anda cabut pertama kali, silahkan pasang kembali modem fiber, modem kabel, atau modem DSL Anda terlebih dahulu. Lalu tunggu tiga menit, kemudian baru Anda cabut dan nyalakan router.

2. Jangan gunakan internet untuk apa pun!

Meskipun Anda mungkin sudah memikirkannya, ini merupakan aturan yang paling penting untuk diingat ketika menguji kecepatan internet. Jelas ini berarti bahwa Anda tidak boleh membiarkan banyak jendela program terbuka pada komputer Anda, tetapi pastikan untuk memeriksa hal-hal lain yang mungkin diperbolehkan untuk menggunakan internet.

Jangan lupakan juga perangkat mobile. Sebagian smartphone terhubung secara otomatis ke jaringan nirkabel, ketika sedang dalam jangkauan jaringan nirkabel. Karena itu, menyalakan flight mode di smartphone mungkin merupakan ide bagus selama tes ini, dengan asumsi Anda tidak mengujinya dari ponsel Anda.

3 dari 4 halaman

Selalu restart komputer

3. Selalu restart komputer sebelum pengujian

Sekali lagi, restart menjadi langkah standar dalam perbaikan hal-hal teknis. Sama seperti router dan modem, restart komputer (atau smartphone dan sebagainya) yang Anda gunakan untuk menguji koneksi internet adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Restart boleh jadi berdampak nyata pada tingkat keakuratan tes internet Anda.

4. Jangan lupa menghapus tembolok peramban 

Hal cerdas lainnya yang harus dilakukan sebelum menguji kecepatan internet adalah untuk menghapus tembolok (clear cache) peramban (browser) Anda. Anda harus melakukan hal ini sebelum setiap tes berikutnya, dengan asumsi Anda berencana untuk mengujinya beberapa kali secara berturut-turut.

Kebanyakan tes kecepatan internet bekerja dengan cara mengunduh dan mengunggah satu atau lebih file berukuran tertentu, dan kemudian menggunakan waktu yang file itu butuhkan untuk melakukannya guna menghitung kecepatan internet Anda.

Catatan: Anda dapat melewatkan langkah ini jika menggunakan aplikasi untuk menguji koneksi internet atau beberapa metode lainnya yang tidak menggunakan browser.

4 dari 4 halaman

Lakukan uji HTML5

5. Lakukan uji HTML5

Terakhir, sangat disarankan untuk mengetes bandwidth Anda dengan tes berbasis HTML5, bukan berbasis Flash. SpeedOf.Me, TestMy.net, dan Bandwidth Place merupakan tes kecepatan internet berbasis HTML5 yang direkomendasikan.

Diperkirakan bahwa tes berbasis Flash, seperti Speedtest.net dan Speakeasy yang sangat populer serta kebanyakan tes yang digawangi ISP, harus melakukan penyesuaian sebanyak 40 persen untuk mengimbangi kenyataan bahwa tes mereka menggunakan Flash.

Kesimpulan

Ingatlah, tidak ada tes kecepatan yang sempurna. Kelima langkah di atas ditujukan untuk meminimalkan 'gangguan' selama tes kecepatan internet. Itu memberikan kontribusi langsung terhadap hasil tes kecepatan yang lebih akurat.

Perlu diingat, bagaimanapun juga, apa yang Anda uji dengan tes kecepatan internet adalah seberapa baik koneksi teraktual yang bekerja antara komputer atau perangkat Anda dan server pengujian itu sendiri.

(Why/Isk)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini