Sukses

Top 5: Galaksi Raksasa Berusia 9 Miliar Tahun Sita Perhatian

Berikut kami rangkum Top 5 berita terpopuler yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com kemarin, Selasa (30/9/2015).

Liputan6.com, Jakarta - Berikut kami rangkumkan Top 5 berita terpopuler yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com kemarin, Selasa (30/9/2015).

1. NASA Temukan Galaksi Raksasa Berusia 9 Miliar Tahun

Peneliti NASA mendeteksi adanya sebuah tanda kehidupan pusat galaksi terbaru. Meskipun belum bisa dipastikan ini memang benar galaksi, namun mereka memperkirakan `galaksi` ini diperkirakan jauh lebih besar dari yang sudah disebut-sebut di berbagai teori.

Penelitian galaksi terbaru ini dilakukan oleh para peneliti yang juga merupakan astronom di Universitas Keele dan University of Central Lancashire, Inggris. Galaksi ini sendiri ditemukan oleh teleskop antariksa milik NASA, Spitzer. Fakta menariknya lagi, para peneliti memperkirakan bahwa galaksi ini memiliki umur sembilan (9) miliar tahun.

2. NASA Temukan Air di Mars, Apakah Planet Ini Layak Huni?

Para ilmuwan NASA telah menemukan bukti terkuat tentang keberadaan air mengalir di Mars. Instrumen pencitraan milik NASA, Mars Reconnaissance Orbiter, mengidentifikasi bukti mineral terhidrasi yang disebut perklorat. Hal yang paling menarik tentang pengumuman ini adalah bahwa kehidupan di Mars memang memungkinkan. Namun air di Mars adalah asin, bukan murni.

"Hasil penelitian kami mengarah pada kondisi di Mars yang lebih layak huni, yang diperkirakan sebelumnya," kata Mary Beth Wilhelm, salah satu penulis jurnal ilmiah pada konferensi pers NASA. Dia menambahkan bahwa para ilmuwan akan perlu mempelajari lebih banyak tentang air asin.

3. 5 Smartphone `Gahar` Ini Jadi Rival Berat iPhone 6s

Bicara soal smartphone flagship, setiap vendor tentu sudah menghadirkan "jagoannya" masing-masing. Dari semua seri smartphone yang hadir, iPhone 6s dan 6s Plus yang menjadi paling akhir diperkenalkan. Namun, smartphone Android flagship lainnya pun tak boleh dipandang sebelah mata.

Berbekal spesifikasi tak kenal ampun, deretan vendor ternama ini rupanya siap `menantang` Apple dengan perangkat smartphone gaharnya. Terdapat lima rival terberat iPhone 6s dan 6s Plus. Mereka tak lain dan tak bukan adalah Sony Xperia Z5 Premium, Samsung Galaxy Note 5, Samsung Galaxy S6 Edge, LG G4, dan HTC One M9.

4. Kandungan Air Garam di Mars 4 Kali Lebih Asin dari Bumi

NASA kembali mengulik teka-teki tanda kehidupan Planet Mars. Badan antariksa Amerika Serikat tersebut kali ini akan mengumumkan salah satu temuan besarnya yang membahas kandungan air di Planet Merah itu. Temuan tersebut telah melibatkan beberapa ahli yang sempat melakukan penelitian lebih mendalam terkait kandungan air yang ada di Planet Mars.

Diungkap, Planet Mars memang memiliki kandungan air. Namun, yang mengejutkan adalah planet yang memiliki bulan Phobos dan Deimos tersebut nyatanya memiliki kandungan air garam yang lebih asin dari Bumi. Hal itu terbukti dari adanya aliran pada pola pasir gelap Mars yang telah diobservasi oleh para ahli.

5. Ponsel Antisadap Blackphone 2 Sudah Bisa Dipesan, Ini Harganya

Anda pastinya tak asing dengan ponsel antisadap besutan SG Technologies, Blackphone, yang pertama kali diperkenalkan pada pertengahan 2014. Kini, generasi keduanya yaitu Blackphone 2 bisa dipesan melalui pre-order di sini dengan harga US$ 800 atau sekitar Rp 11,6 juta.

Blackphone 2 dilengkapi dengan layar full HD 5,5 inci, prosesor Qualcomm Snapdragon 615, RAM 3GB, dan memori internal 32GB yang bisa diekspansi lewat slot microSDXC, kamera belakang 13 megapiksel (MP), kamera depan 5MP, dan baterai 3.060mAh. Untuk sistem operasi (OS), Blackphone 2 menjalankan OS versi modifikasi dari Android yang disebut Silent OS yang diklaim lebih aman.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini