Sukses

Investor dari Silicon Valley Beberkan Rahasia Pendanaan Startup

Bagaimanakah proses pendanaan StartUp berlangsung? Untuk mengetahuinya, simak paparan co-founder Angel Labs dari Sillicon Valley berikut ini

Liputan6.com, Jakarta - Di antara rangkaian acara hari pertama IDByte 2015, salah satu yang paling ditunggu-tunggu adalah seminar dengan pembicara Tugce Ergul dari Angel Labs, investor yang berbasis di Silicon Valley, San Francisco Bay Area, Amerika Serikat.

Terang saja karena apa yang dibawakan oleh Tugce dalam presentasinya, yakni mengenai pendanaan atau funding, yang bisa dibilang wajib diketahui oleh para pelaku Startup (perusahaan rintisan) atau orang-orang yang hendak mendirikan startup.

Dalam presentasinya, Tugce mengungkapkan empat tahap yang dilalui para Angel Investor untuk memutuskan, apakah sebuah Startup layak mendapatkan pendanaan atau tidak.

Tahap pertama adalah screening. Di tahap ini, terjadi kontak pertama antara startup dan sang investor, baik kontak melalui telepon, e-mail, atau pertemuan tatap muka.

Hal-hal yang mendapat perhatian lebih dari investor adalah risiko investasi, ukuran pasar, dan industri, yang bertujuan untuk mengukur apakah Startup itu cocok dengan ukuran pendanaan dan tujuan investasi mereka.

Berapa banyak yang sukses maju ke tahap berikutnya? Tidak banyak, hanya 15%. Karena itu, sebisa mungkin kontak pertama ini memunculkan kesan positif bagi investor.

Kemudian tahap kedua adalah socialization. Di sini, investor yang terlibat kontak dengan startup menyampaikan informasi yang didapatnya dari kontak tersebut kepada anggota lain di kelompoknya yang lebih luas.

Tidak menutup kemungkinan jika permintaan untuk pertemuan kedua diajukan oleh investor. Sama seperti di tahap pertama, hanya 15% startup yang berhasil maju ke tahap berikutnya.

Tahap selanjutnya adalah diligence. Di tahap ketiga ini, kesepakatan tim berawal dari mengecek peluang dan berbagi temuan dengan kemitraan yang lebih luas. Tahap ini juga meliputi evaluasi tim, pasar, roadmap produk, dan pipeline penjualan.

Di belakang layar, investor memanggil kontak mereka di industri untuk mempertajam sudut pandang mengenai startup tersebut. Di tahap ini, hanya sekitar 10% startup yang melaju ke tahap selanjutnya.

Adapun tahap terakhir adalah decision. Tahap inilah yang menentukan, apakah sebuah startup yang telah melewati 3 tahap sebelumnya, layak mendapatkan pendanaan atau tidak.

(why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.