Sukses

Indosat Tebar Akses Internet Gratis di 74.620 Desa

Layanan ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses internet melalui layanan Internet.org bagi masyarakat pedesaan di 74.620 desa.

Liputan6.com, Jakarta - Melanjutkan program internet gratis melalui layanan Internet.org bagi masyarakat pedesaan, Indosat menggandeng Persatuan Rakyat Desa (Parade) Nusantara, organisasi kemasyarakatan (ormas) yang mayoritas anggota dan pengurusnya adalah masyarakat pedesaan.

Hal ini ditandai dalam sebuah nota kesepahaman bersama (MoU) antara Indosat dengan Parade Nusantara. Penandatanganan ini dilakukan oleh President Director dan CEO PT Indosat, Tbk Alexander Rusli dan Ketua Umum Parade Nusantara Sudir Santoso di Jakarta.

“MoU ini akan ditingkatkan lagi dalam bentuk kerjasama yang lebih nyata,” ujar Alex ​dalam keterangan resminya, Kamis (1/10/2015).

Alex menegaskan bahwa kerjasama ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses internet melalui layanan Internet.org bagi masyarakat pedesaan yang ada di 74.620 desa di seluruh pelosok nusantara.

Dengan demikian, mereka bisa mendapatkan berbagai informasi di Internet untuk berbagai kebutuhan dasar seperti informasi kesehatan, pendidikan, media sosial untuk komunikasi, dan berita.

Tidak hanya itu, kesepakatan ini juga bertujuan untuk membuka koneksi secara digital/online antar kepala desa yang tergabung dalam Parade Nusantara, untuk bisa saling berkoordinasi, sharing informasi dan lain-lain secara virtual atau melalui dunia maya.

Sebagaimana diketahui, Parade Nusantara juga didukung oleh seluruh aparatur pemerintahan yaitu para kepala desa, perangkat desa, mantan kepala desa, dan mantan perangkat desa, serta Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Kerjasama dengan Indosat ini akan memberikan kemudahan akses Internet bagi warga kami di berbagai desa di seluruh Nusantara sehingga akan mampu membuka jendela dunia bagi warga kami yang belum semuanya melek dengan teknologi Internet,” ujar Sudir.

Internet.org sendiri adalah sebuah inisiatif dari Facebook yang bertujuan untuk membuat akses internet tersedia bagi dua pertiga populasi dunia yang belum terhubung dengan internet.

Di Indonesia, Indosat adalah operator pertama yang menyediakan akses Internet mudah tanpa pulsa bagi masyarakat Indonesia. Indosat menyediakan akses internet tanpa pulsa melalui layanan internet.org baik untuk pelanggan IM3 & Mentari (prabayar) maupun pelanggan Matrix (pascabayar).

Pelanggan akan mendapatkan kemudahan akses internet untuk beberapa layanan, seperti mendapatkan informasi umum melalui Ask.com, Wikipedia, dan beberapa portal berita nasional.

(isk/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.