Sukses

Rusia Usut Asal-usul Emoji Gay Milik Apple

Gerah karena takut berdampak buruk, pemerintah Rusia mengusut asal usul emoji pasangan gay yang hadir di perangkat iOS

Liputan6.com, Moscow - Apple kembali dirundung masalah. Pihak kepolisian di Rusia sedang menginvestigasi perusahaan yang baru saja meluncurkan iPhone 6s tersebut karena diduga mempromosikan propaganda hubungan homoseksual, yang mana diketahui menyelipkan emoji pasangan dan orang tua sesama jenis di perangkat iOS.

Mengutip informasi dari The Independent, yang dikutip Jumat (2/10/2015), pihak kepolisian di wilayah Kirov mulai mengusut asal muasal tercetusnya emoji sesama jenis ini setelah salah seorang pengacara mengeluh soal hadirnya emoji tersebut. Diungkap, Apple memang melanggar hukum yang ditetapkan pemerintah Rusia di 2013, yang melarang promosi berbau homoseksual untuk anak di bawah umur.

Dan jika memang terbukti Apple bersalah terkait persoalan ini, perusahaan tersebut akan dikenakan denda sekitar US$ 15.260 atau sekitar Rp 224 jutaan. Pada April lalu, perwakilan pemerintah dari St. Petersburg, Vitaly Minolov mendesak badan hak konsumen Rusia agar Apple menghilangkan emoji LGBT (Lesbian, Gay and Transgender) atau setidaknya memberikan parental advisory untuk emoji-emoji tersebut.

Pada tahun lalu, Milonov mengatakan bahwa seharusnya segala jenis produk besutan Apple dilarang beredar di Rusia. Alasannya karena dia memandang CEO Apple, Tim Cook adalah seorang gay. Hal ini mengundang beragam spekulasi dari masyarakat Rusia bahwa Milonov seharusnya tak perlu memperhatikan hal semacam itu. Namun di sisi lain, Milonov nyatanya didukung sebagian masyarakat yang pro terhadap anti LGBT.

Rusia memang dikenal sebagai salah satu negara yang paling menentang pelegalan hubungan sesama jenis. Terlebih pasca Presiden Rusia, Vladimir Putin mensahkan UU Anti-gay pada Juli 2013.

Apple sebelumnya juga pernah menjadi "korban" UU anti-gay Rusia. Pengakuan Tim Cook sebagai seorang gay pada November 2014 lalu berimbas pada digusurnya memorial Steve Jobs di Rusia.

Emoji pasangan sesama jenis sendiri diperkenalkan dari list Unicode Emoji Subcommittee khusus untuk perangkat iOS. Emoji ini meluncur pertama kali di iOS 6. Sementara, di iOS 8.3, Apple memperkenalkan emoji keluarga dengan orang tua sesama jenis, yang kembali menuai pro dan kontra dari publik.

(jek/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini