Sukses

Aplikasi Smartwatch GM Bakal Bisa Buka Kunci Mobil

GM saat ini tengah menguji aplikasi Apple Watch, yang dapat berfungsi untuk berbagai hal termasuk membuka dan mengunci mobil.

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran smartwatch berhasil menarik perhatian produsen mobil. Setidaknya ketertarikan tersebut ditunjukkan oleh General Motors (GM) terhadap Apple Watch.

Dilansir The Wall Street Journal, Senin (5/10/2015), ketertarikan GM itu disampaikan oleh Vice President of Strategy GM, Mike Ableson, saat menggelar presentasi. Ia menunjukkan sejumlah gambar aplikasi Apple Watch, yang tengah menjalani uji coba.

Nantinya dengan kehadiran aplikasi itu, para pemilik kendaraan bisa membuka dan mengunci mobil mereka. Bahkan tak menutup kemungkinan juga bisa menyalakan mesin dari jarak jauh atau secara remote.

Aplikasi tersebut kemungkinan bisa menjadi tren dalam bisnis otomotif, sehingga tidak perlu lagi menggunakan komponen konvensional untuk mengoperasikan mobil. Pengujian aplikasi ini sekaligus menjadi upaya GM untuk dapat terus bersaing dalam pertarungan teknologi di industri otomotif.

Seperti diketahui, persaingan industri otomotif dikabarkan akan semakin sengit. Karena tidak hanya akan bersaing dengan sesama produsen mobil, tapi juga para pendatang baru termasuk perusahaan-perusahaan teknologi seperti Uber Technologies.

GM pun yakin bisa mengatasi tantangan tersebut, termasuk "ancaman" dari Google dengan mobil tanpa supir, serta mobil listrik besutan Apple yang dikabarkan tengah dalam proses pengembangan.

(din/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.