Sukses

Target 1 Juta Domain Internet .id, Mampukah PANDI?

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) mematok 1 juta domain internet .id di akhir 2017. Mampukah mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) mencanangkan target besar di 2017. Mereka mematok 1 juta domain internet berakhiran .id dapat tercapai di akhir tahun itu. Ini sesuai dengan rencana yang diungkap Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Target tersebut memang tinggi. Namun PANDI mengklaim telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mencapainya. Salah satunya dengan 'menggratiskan' biaya domainnya melalui bantuan pemerintah.

Seperti diketahui, Menkominfo Rudiantara beberapa waktu lalu pernah mengatakan bahwa pihaknya akan mempromosikan penggunaan domain Indonesia (.id). Anggaran Rp 60 miliar bahkan siap dikucurkan untuk memuluskan rencana ini.

Pemerintah berharap penggunaan domain .id dapat mendongkrak trafik internet dalam negeri dan membuat akses internet jadi lebih cepat. Penggunaan domain Indonesia sekaligus merupakan upaya pemerintah agar lebih mudah mengawasi situs-situs yang diakses oleh masyarakat.

PANDI sendiri sudah mulai melakukan sosialisasi penggunaan domain .id ini ke beberapa kota, mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bandung dan Makassar di akhir bulan September 2015.



"Dengan adanya bantuan Kominfo kita optimis bisa mencapai target 500 ribu (domain .id) tahun depan (2016) dan 500 ribu lagi di 2017," kata Ketua PANDI, Andi Budimansyah saat berbincang santai dengan tim Tekno Liputan6.com di acara Internet Society di Jakarta beberapa waktu lalu.

PANDI juga akan menunjuk koordinator di setiap daerah seperti perusahaan hosting untuk mencari UKM yang ingin go online. Jadi nantinya para UKM yang ingin membuat website bisa mendaftar ke koordinator tersebut.



Mampukah PANDI mencapai target 1 juta? Mengingat saat ini saja, menurut Direktur Operasional Pandi, Sigit Widodo, jumlah domain berakhiran.id secara keseluruhan baru mencapai 147.630 (data per 8 September 2015).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 64.744 didominasi oleh domain tingkat dua berakhiran co.id, disusul web.id 24.117, .id 16.977, sch.id 14.887, my.id 9.522, dan or.id 6.367. Sisanya yang lain masih di bawah 5.000.

Sigit juga menambahkan bahwa saat ini jumlah domain .com yang terdaftar di Indonesia ada sekitar 400 ribu domain, yang didaftarkan di registrar di Indonesia, seperti RumahWeb dan MasterWeb.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini