Sukses

Di Negara Ini Taksi Akan Bisa Berjalan Tanpa Sopir

Teknologi mobil tanpa sopir (otonomos) dimanfaatkan untuk meluncurkan layanan taksi tanpa sopir.

Liputan6.com, Jakarta - Pengembangan teknologi tanpa sopir masih terus dilakukan. Salah satunya oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Google dan Tesla. Hal serupa dilakukan salah satu perusahaan teknologi asal Jepang, Robot Taxi Inc yang berencana menghadirkan layanan taksi tanpa sopir.

Seperti dikutip dari laman The Wall Street Journal, Kamis (8/10/2015), Robot Taxi Inc bekerja sama dengan pemerintah Prefektur Kanagawa akan melakukan uji coba layanan taksi tanpa sopir ini di awal 2016.

Layanan ini rencananya akan ditawarkan untuk 50 penumpang di Prefektur Kanagawa membawa penumpang dari rumah mereka ke tempat terdekat seperti toko kelontong atau menempuh perjalanan sejauh 3 kilometer.

Namun, dalam uji coba ini masih akan ada pengawas di balik kemudi yang siap untuk mencegah ketika ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Robot Taxi diharapkan akan siap hadir secara komersial pada 2020 jika uji coba ini berhasil.

Salah satu alasan hadirnya layanan ini adalah untuk mengisi celah di daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh transportasi umum dan dapat membantu wisatawan berkeliling kota.

(Dam/Isk)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.