Sukses

Andromax Dukung Kecepatan Internet Tinggi Bakal Hadir di 2016

Pada media update ini, turut hadir perwakilan Qualcomm dan Hisense, yang juga mitra kerja sama Smartfren. (Corry Anestia/Tekno Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Smartfren menggunakan dua frekuensi untuk menggelar jaringan 4G-LTE Advanced, yakni di 850 MHz dan 2.300 MHz. Namun, keduanya masih berjalan di frekuensi masing-masing untuk layanan 4G.

Padahal dengan penggunaan dua kanal sekaligus (carrier agregation), Smartfren mengklaim dapat menghadirkan internet dengan kecepatan hingga 100 Megabyte per second (Mbps). Pelanggan belum dapat menikmati layanan 4G berkecepatan tinggi karena ponsel yang mendukung teknologi itu belum ada.

"Kami menjanjikan pelanggan dapat menikmati smartphone yang support dual carrier pada tahun depan. Kami akan menggandeng brand-brand ponsel global," kata Sukaca Purwokardjono, Division Head Smartphone Business Smartfren, ditemui saat Media Update di Jakarta, Jumat (2/9/2015).

Menurut Sukaca, jajaran smartphone Andromax 4G yang dirilis sebelumnya belum mendukung teknologi carrier agregation. Tanpa itu pun, kecepatan internetnya hanya mampu mencapai rata-rata 10-20 Mbps (download speed).

"Tentu kami akan bidding dulu siapa saja vendornya. Nanti akan kami pilih lebih dari tiga vendor ponsel yang akan memproduksi Andromax dengan dual carrier. Kami akan hadirkan smartphone dengan speed menjanjikan, dan dengan sistem operasi Android terakhir (Marshmallow)," tambahnya.

Saat ini, Smartfren baru memiliki hampir setengah juta pelanggan 4G. Sementar, total pelanggan operator CDMA ini sebesar 12 juta pengguna. 

(Cas)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini