Sukses

17 Tempat di Silicon Valley yang Wajib Dikunjungi (Bagian 2)

Berencana berkunjung ke Silicon Valley? Pastikan tidak melewatkan 16 tempat berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta - Di artikel sebelumnya telah diulas 8 dari 17 tempat di Silicon Valley yang wajib dikunjungi. Tanpa basa-basi lagi, artikel ini akan membahas 9 tempat lainnya dari 17 tempat di Silicon Valley yang wajib dikunjungi. Selamat menyimak!

9. Museum Sejarah Komputer

Masih ada beberapa tempat, di mana Anda bisa bermain Pong dan melihat terminal aslinya. Museum Sejarah Komputer adalah salah satunya. Dengan mengunjungi museum yang terletak di tengah-tengah Silicon Valley ini, kita dapat menelusuri sejarah komputer, dari ketika komputer yang digunakan memakan sebagian besar ruangan, hingga smartphone yang kita miliki saat ini.

Alamat: 1401 N Shoreline Blvd, Mountain View, CA 94043

10. Sand Hill Road

Sand Hill Road mungkin terlihat seperti sekelompok gedung perkantoran, tetapi sebenarnya Sand Hill Road merupakan 'legenda' bagi para venture capitalist (penanam modal).

Hampir setiap perusahaan teknologi besar, termasuk Microsoft, Amazon, Facebook, dan Twitter, menerima dana dari perusahaan di Sand Hill Road. The Rosewood Hotel, yang terletak tepat di Sand Hill Road, bahkan menawarkan wisata sejarah Silicon Valley bagi pelanggannya.

11. Calafia Café

Kepala koki Charlie Ayer memenangkan posisinya sebagai koki eksekutif Google pertama, setelah memenangkan kompetisi memasak bagi 40 karyawan di sana.

Kemudian dia meninggalkan Google untuk membuka Calafia Café di pusat kota Palo Alto. Kendati demikian, masa lalunya di Google tidak meninggalkannya begitu saja. Dilaporkan bahwa Sergey Brin suka berkunjung ke sana.

Alamat: Town & Country Village, 855 El Camino Real, Suite 130, Palo Alto, CA 94301

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Campus Store & Moffett Field dan NASA Ames Research Center

12. Apple Campus Store

Meski Anda tidak bisa masuk ke kampus Apple, Anda masih bisa mengunjungi tokonya. Ini merupakan satu-satunya tempat di mana Anda dapat membeli perlengkapan dengan merek Apple, seperti T-shirt dan notebook.

Toko ini baru dibuka kembali setelah didesain ulang, sehingga memiliki lini barang-barang yang belum pernah terlihat di toko-toko Apple sebelumnya, termasuk pena yang dirancang Jony Ive.

Alamat: 1 Infinite Loop, Cupertino, CA 95014
Catatan: toko ditutup pada hari Minggu

13. Moffett Field dan NASA Ames Research Center

Hangar One merupakan salah satu struktur yang berdiri bebas terbesar di dunia, yang meliputi tanah seluas 8 hektar. Mengapa sebuah bangunan di Silicon Valley harus begitu besar? Saat itu Hangar One perlu menampung USS Macon, sebuah kapal udara berbentuk balon yang hanya 20 kaki lebih pendek dari Hindenburg.

USS Macon telah jatuh pada 1935 di lepas pantai California, tetapi Moffett melanjutkannya sebagai bidang penerbangan sipil-militer bersama. Sementara situs ini dimiliki oleh NASA (yang memiliki museum sendiri yang berdekatan) dan disewakan kepada Google, sebuah museum kecil terus beroperasi di lokasi untuk memperingati masa lalu.

Alamat: Moffett Field, Mountain View, CA 94043

3 dari 4 halaman

Stanford University dan 'The Last Spike' dan Coupa Cafe

14. Stanford University dan 'The Last Spike'

Tentu, Stanford University mungkin telah menumbuhkan beberapa raksasa teknologi saat ini, tetapi Stanford University  juga memiliki peran besar di hari-hari awal Silicon Valley.

John Leland Stanford membantu pembayaran untuk pengembangan Central Pacific Railroad dan diberi 'The Last Spike', ketika jalur rel akhirnya bertemu dengan Union Pacific untuk menyelesaikan Transcontinental Railroad.

'Spike' itu kini dipajang di Stanford bersama dengan koleksi seni keluarganya. Dan setelah Anda selesai melihatnya, masih ada waktu untuk berjalan-jalan dan melihat nama-nama besar yang menghiasi bangunan kampus.

Alamat: 450 Serra Mall, Stanford, CA 94305

15. Coupa Cafe 

Tepat di perbatasan kampus Stanford, Coupa Cafe telah menjadi tempat untuk pendiri teknologi dan investor bertemu, melakukan pengujian, dan menggarap produknya. Kafe ini tidak hanya menjadi ajang pengujian untuk banyak startup kecil, tetapi juga mengarahkan banyak penawaran startup.

Alamat: 538 Ramona St, Palo Alto, CA 94301

4 dari 4 halaman

165 University Ave dan Winchester Mystery House

16. 165 University Ave

Terlepas apakah Anda percaya pada karma atau tidak, 165 Universitas Ave telah diberi label 'The Lucky Office' atau 'kantor keberuntungan' dari Silicon Valley. 165 University Ave merupakan kantor pertama Google dan rumah untuk PayPal.

Sebelum Google pindah ke sana, pembuat aksesori komputer Logitech merupakan perusahaan terkenal pertama yang berjalan di aulanya. Lantai bawahnya sekarang diisi oleh T-Mobile Store dan toko teh, tapi masih ada ruang untuk startup di lantai atas.

Alamat: 165 University Ave. Palo Alto, CA, 94301

17. Winchester Mystery House

Sumbangan teknologi lainnya di Silicon Valley, yaitu senapan Winchester, menghasilkan banyak uang bagi keluarga Winchester. Pewaris kekayaan keluarga Winchester, Sarah Winchester, membangun sebuah rumah di San Jose. Tapi dia mengklaim bahwa dia dihantui oleh arwah orang-orang yang meninggal di tangan senapan buatan keluarganya.

Ia memulai perbaikan Winchester Mystery House pada 1884 dan berlanjut sampai kematiannya pada 1922. Selama waktu itu, antara 500-600 kamar diperkirakan dibangun, namun hanya 160 yang tersisa.

Rumah ini penuh dengan elemen arsitektur yang aneh, seperti "Switchback Staircase" yang memiliki tujuh tingkat tangga yang masing-masing tingginya hanya dua inci.

Alamat: 525 S Winchester Blvd San Jose, CA 9512

(why/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.