Sukses

Android Pecundangi iOS di Dunia

Android diketahui mampu memperlebar celah pangsa pasarnya dibanding iOS secara global.

Liputan6.com, Jakarta - Dihimpun dari Phone Arena, Selasa (6/10/2015), NetMarketShare melakukan sebuah riset yang bertujuan menghitung pangsa pasar sistem operasi mobile dengan cara melacak lalu lintas internet mobile. Berdasarkan data dari bulan lalu yang diperoleh melalui riset tersebut, Android diketahui mampu memperlebar celahnya dibanding iOS secara global.

Menimbang bahwa Apple iPhone 6s dan Apple iPhone 6s Plus tidak diluncurkan sampai 25 September, kedua smartphone terbaru Apple ini hanya menyumbang sebagian kecil dari data yang didapat. Keduanya tidak akan memiliki pengaruh besar terhadap hasil riset, sampai data untuk bulan Oktober ini dirilis.

Menurut NetMarketShare, pangsa pasar global Android bulan lalu mencapai 53,54 persen. Angka itu naik dari bulan Agustus yang hanya 52,14 persen. Adapun pada awal tahun ini, Android hanya memiliki 47,45 persen pangsa pasar smartphone di seluruh dunia.

Sementara untuk iOS, September merupakan bulan terburuk sejak April. Apple mengakhiri bulan September dengan persentase 38,58 persen saja dari pangsa pasar dunia. Artinya, angka itu turun dari angka bulan sebelumnya yang mencapai 40,82 persen.

Windows Phone juga mengalami penurunan pada September lalu. Pangsa pasar handset yang mengadopsi sistem operasi mobile besutan Microsoft tersebut menurun dari 2,60 persen di Agustus, menjadi 2,48 persen di September.

(Why/Cas)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google
    Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google

    Android

  • iOS