Sukses

Facebook Siapkan Satelit untuk Internet Gratis di Afrika

Peluncuran satelit akan melengkapi misi Facebook untuk menyediakan akses internet gratis ke seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk mendorong perluasan akses internet di seluruh dunia, Facebook berencana meluncurkan satelit yang dapat mengirimkan sinyal internet. Rencana tersebut diungkap oleh Mark Zuckerberg melalui laman Facebook pribadinya.

Peluncuran satelit akan melengkapi misi Facebook, melalui proyek internet.org, untuk menyediakan akses internet gratis ke seluruh belahan dunia. Facebook akan bekerja sama dengan perusahaan satelit asal Prancis, Eutelsat, untuk meluncurkan satelit ke orbit bumi.

"Konektivitas telah mengubah kehidupan dan membentuk komunitas. Oleh karena itu, Facebook akan terus berupaya untuk menghubungkan dunia bahkan jika harus dilakukan dari luar planet kita," ungkap Zuckerberg dalam akun Facebook-nya, Selasa (6/10/2015).

Satelit yang diberi nama AMOS-6, saat ini masih dalam tahap pengembangan dan rencananya diluncurkan pada 2016. Nantinya, jangkauan satelit ini akan meliputi Afrika bagian barat, timur, dan selatan.

Untuk mendukung rencana itu, Facebook juga mulai bekerja sama dengan perusahaan lokal yang ada di wilayah tersebut untuk membantu masyarakat setempat mengakses layanan internet dari satelit AMOS-6.

Mark Zuckerberg memang dapat dikatakan sebagai orang yang sangat menaruh perhatian pada akses internet di seluruh dunia. Sebelumnya, Facebook juga sempat mengembangkan drone yang digunakan untuk menyediakan internet di daerah-daerah terpencil.

Bahkan, dalam kesempatan sebelumnya Mark Zuckerberg juga sempat meminta PBB untuk menjadikan masalah akses internet sebagai salah satu pembahasan utama.

(dam/cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.